Pilkades Tahap II dan III Digelar Bersamaan

126
PENGARAHAN : Sekda Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono (dua dari kiri) saat memberikan pengarahan pada rapat koordinasi pemerintah desa di Bawen, kemarin (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
PENGARAHAN : Sekda Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono (dua dari kiri) saat memberikan pengarahan pada rapat koordinasi pemerintah desa di Bawen, kemarin (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

UNGARAN – Pelaksanaan pilkades serentak tahap 2 dan 3 di Kabupaten Semarang akan dilakukan bersamaan. Sekda Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono mengungkapkan, hal itu dilakukan karena pelaksanaan pilkades terbentur dengan jadwal pemilu serentak.

“Regulasi sudah selesai semua, Perda Perbup tentang pilkades. Kita rencanakan untuk pelaksanaannya tahap 2 dan 3 dibarengkan saja,” ujar pria yang akrab disapa Soni tersebut usai Rapat Koordinasi Pemerintah Desa di Bawen, Rabu (11/10).

Dijelaskan Soni, Pemkab Semarang merencanakan pilkades serentak pada 9 Desember 2018. Seperti diketahui, pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Semarang dilakukan tiga tahap. Tahap pertama sudah dilakukan yaitu pada 2016 yang lalu.

Berikutnya, tahap kedua rencananya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2018 mendatang. Sementara itu untuk tahap ketiga dijadwalkan pada Desember 2019. Berlangsungnya pesta demokrasi yaitu Pemilu, Pemilihan Legislatif, dan Pilpres di 2018 dan 2019 menjadi salah satu kendala pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Semarang. Sehingga rencana penjadwalan ulang akan dilakukan Pemkab Semarang. “Ini tadi rencana pelaksanaan yang di tahun 2018 itu ada 55 kepala desa di mana Maret habis masa jabatannya. Sehingga harus dilaksanakan pilkades,” ujarnya.

Selain terhalang adanya pesta demokrasi tersebut, lanjutnya, apabila dua tahap Pilkades tetap dilakukan dengan jadwal yang sudah ditentukan, akan banyak terjadi kekosongan kursi kepala desa. Sebab, mulai Maret 2018 sebanyak 55 kepala desa sudah habis masa jabatannya. Dan di Maret 2019 ada 86 kepala desa yang habis masa jabatannya. (ewb/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here