Kebersihan Sekolah Jadi Prioritas

404
PEDULI LINGKUNGAN : Kepala SDN 1 Kebumen Subiyarsih beserta siswa berprestasi saat ditemui di sekolahnya (M Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang).
PEDULI LINGKUNGAN : Kepala SDN 1 Kebumen Subiyarsih beserta siswa berprestasi saat ditemui di sekolahnya (M Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang).

SISWA-siswi SDN1 Kebumen Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal memiliki kebiasaan untuk menjaga kebersihan dan mencintai tanaman. Buktinya, di sekolah ini terdapat banyak tanaman dan bunga, baik yang berukuran kecil dan ditanam dalam pot-pot yang diletakkan di sepanjang depan kelas maupun tanaman hias berukuran besar yang ditanam langsung di tanah. Di halaman sekolah yang luasnya tidak lebih dari Lapangan Badminton ini tumbuh subur sepasang bunga kertas setinggi ruang kelas yang bunganya sangat lebat berwarna ungu mencolok.

Kepala SDN 1 Kebumen, Subiyarsih, mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran di sekolahnya. “Sekolah bersih dan lingkungan hijau membuat anak anak merasa nyaman selama belajar,” katanya.

Soal kebersihan, siswa-siswinya memiliki jadwal khusus setiap hari untuk  membersihkan lingkungan sekolah. Hal ini, untuk menyiasati tenaga kebersihan yang jumlahnya terbatas. ”Disini petugas kebersihannya juga merangkap petugas  keamanan, jadi tenaganya minim sekali,” ungkapnya.

Kendati demikian, kebersihan sekolah tetap menjadi prioritas dan tetap terjaga. “Buktinya, waktu ada sidak dari Dinas Kesehatan (Dinskes) Kabupaten Kendal, sekolah ini dinyatakan juara pertama sekolah bebas jentik di Kecamatan Sukorejo,” bebernya.

Diakuinya , pihaknya memiliki rencana untuk menggalakkan program one man one tree, namun masih menemui kendala. ”Kami ada rencana satu anak membawa satu tanaman. Namun kami sudah tidak punya lahan, karena bagian belakang sekolah sudah rumah penduduk,” ungkapnya.

Selebihnya, dalam prestasi akademik maupun non akademik, sekolah ini kerap tampil mewakili Kabupaten Kendal di tingkat Provinsi Jateng selama dua tahun terakhir. Di antaranya saat lomba catur dan MIPA. Maka tidak heran jika selama ini, SDN 1 Kebumen menjadi sekolah yang berada pada lini depan khususnya di Kecamatan Sukorejo. (zen/ida)