Berkontribusi Bagi Tanah Kelahiran

Ria Ariesti Br Sitepu (DOKUMEN PRIBADI).
Ria Ariesti Br Sitepu (DOKUMEN PRIBADI).

BAGI Ria Ariesti Br Sitepu, hidup sebagai anak rantau yang menimba ilmu hingga ke Pulau Jawa memang tidak mudah. Karena itu, gadis asli Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini aktif di organisasi kedaerahan, yakni Ikatan Mahasiswa Sumatera Utara (IMSU) sebagai pengobat rindu.

“Jauh dari orang tua memang nggak mudah, tapi di sini (IMSU) saya bisa merasakan seolah berada di rumah, karena menemukan keluarga di tanah perantauan,” ujar Ria kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Bahkan di IMSU, mahasiswi jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini terpilih menjadi Duta IMSU 2016 karena keaktifannya dalam organisasi tersebut.  “Di IMSU aku bisa berkontribusi bagi tanah kelahiranku meski sedang merantau. Misalnya, lewat kegiatan seperti memperkenalkan budaya Sumatera Utara di acara-acara organisasi kedaerahan maupun acara lain yang mengundang kami. Jadi, kesempatan untuk berkontribusi buat daerahku tetap ada,” katanya penuh antusias.

Bagi gadis yang hobi menyanyi ini, bergabung dalam organisasi kedaerahan adalah hal yang penting. Selain bisa menjadi keluarga kedua, ia juga mendapatkan banyak relasi atau jejaring dengan para alumni yang sudah berkarir di mana-mana. Peluang untuk bekerja sama dengan mereka demi membangun kemajuan tanah kelahiran pun dinilai Ria akan semakin terbuka lebar.

“Harapannya, dengan gelar Duta IMSU 2016 yang sudah dipercayakan ke aku ini juga bisa membuatku terus semangat belajar. Jadi, ketika aku bisa berprestasi secara akademis, nama daerahku pun akan dikenal baik oleh orang lain,” tutur gadis yang juga tergabung dalam Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) ini. (mg43/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here