Tonase Kendaraan di Jalan Desa Harus Dibatasi

46
TMMD: Anggota TNI, Polri dan warga membangun jalan rabat beton di Desa Jungsemi, Kangkung, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
TMMD: Anggota TNI, Polri dan warga membangun jalan rabat beton di Desa Jungsemi, Kangkung, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL—Pembangunan jalan desa di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung berupa rabat beton dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0715 Kendal telah mencapai 45 persen. Dipastikan akhir bulan ini, pengerjaan jalan sudah selesai.

Kepala Kelompok Staf Ahli Bidang Ideologi Kasad Brigjen TNI Bambang Sudiyono menyoroti hal konstruksi jalan tidak menggunakan beton bertulang. Sehingga rawan rusak jika dilewati oleh kendaran yang memuat tonase berlebih.

Makanya menurutnya, setelah jalan selesai dibangun perlu pembatasan tonase kendaraan yang melintas. “Jika tidak dibatasi, tentu jalan bisa cepat rusak. Apalagi ketebalan cor hanya 12 sentimeter. Kendaraan dengan tonase jangan dikasih izin melintas, dan itu harus tegas,” katanya, Selasa (10/10).

Bambang menambahkan, TMMD merupakan kemanunggalan TNI bersama rakyat untuk membangun wilayah. Tidak hanya rakyat, tetapi juga melibatkan unsur Polri, desa, kecamatan, dan pemerintah kabupaten. Pemilihan lokasi telah dirapatkan mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan dilaporkan kepada pusat. “Penentuan lokasi bukan semata-mata dari TNI, tetapi hasil musyawarah yang melibatkan masyarakat,” lanjutnya.

Danrem 073 Makutarama Kolonel Inf Joni Pardede mengatakan, pekerjaan rabat beton tersebut sepanjang 1.550 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan beton 12 sentimeter. “Dari panjang 1.550 meter, progress pekerjaan sudah mencapai 700 meter atau sekitar 45 persen. Ini masih ada waktu dua pekan, saya berharap hingga ditutupnya TMMD tanggal 26 Oktober, pembangunan jalan bisa terselesaikan,” kata Joni.

Kades Jungsemi Dasuki mengatakan, pembangunan rabat beton itu menghubungkan jalan desa menuju ke objek wisata pantai. Selain itu jalan bermanfaat untuk peningkatan produksi pertanian. (bud/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here