Langganan Juara di Bidang Seni

367
MEMBANGGAKAN : Siswa-siswi berprestasi SDN 3 Limbangan beserta para guru saat ditemui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
MEMBANGGAKAN : Siswa-siswi berprestasi SDN 3 Limbangan beserta para guru saat ditemui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SDN 3 Limbangan Kecamatan Limbangan memiliki banyak potensi dalam bidang seni. Dari sekian banyak prestasi yang telah ditorehkan, bidang seni  yang paling dominan. Khususnya tembang macapat, kerap juara di tingkat Kabupaten Kendal.

Salah satu yang siswinya yang piawai dalam melantunkan tembang Jawa ini adalah Ika Marsya Amalia. Bagi ika, melantunkan tembang-tembang Jawa yang  bernada tinggi tidak begitu sukar. Karena menyanyi, sudah dilakoninya sejak kecil. ”Saya sejak awal masuk sekolah dasar sudah latihan menyanyi,” ungkapnya.

Tembang-tembang macapat macam Dandang Gula Panglipur dan Kinanti Wantah kerap dibawakannya dalam berbagai event lomba sekaligus menjadi langganan juara macapat di Kecamatan Limbangan. “Kemarin waktu Mapsi mendapat juara satu,” ujarnya.

Guru Pembina Suyitno mewakili Kepala SDN 3 Limbangan mengungkapkan bahwa bidang seni menjadi penyumbang terbesar prestasi yang ada di sekolahnya. ”Kita punya andalan macapat yang sudah biasa tampil di tingkat kabupaten,” bebernya.

Diakuinya, selama ini memang belum ada ekstrakurikuler khusus dalam bidang macapat. Namun demikian, prestasi yang diraih dalam beberapa tahun terakhir cukup membanggakan. ”Sebenarnya latihannya masih temporer menyesuaikan kebutuhan. Bersyukur, hasilnya selama ini cukup memuaskan,” imbuhnya.

Suyitno berharap bidang seni yang ada di sekolahnya ini bisa terus dikembangkan. ”Ya, harapannya bisa tetap eksis dan maju ke tingkat yang lebih tinggi,” pungkasnya. (zen/ida)