MAGELANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang sedang membangun akses data kependudukan dengan sistem barcode. Ditargetkan pada 2018, pelayanan segala urusan terkait administrasi kependudukan di Kota Magelang akan beralih menggunakan teknologi berbasis aplikasi.

Kepala Disdukcapil Kota Magelang Hartoko mengatakan, semua jenis pelayanan administrasi kependudukan terdapat pada aplikasi tersebut. Serta data-data kependudukan yang tersimpan, terintegrasi dengan kelurahan, juga kecamatan. Dari aplikasi ini, tiap berkas yang dicetak akan diberi barcode. Pun saat ini, akta administrasi kependudukan terbaru yang dimiliki warga, sudah terdapat barcode.

“Saat ini pelayanan masih pakai blanko dan masih menulis manual. Kalau sistem ini sudah diterapkan, petugas kami tinggal memindai barcode dengan mesin barcode scanner, jika cocok, data-data pemohon akan muncul,” kata Hartoko saat memimpin Rapat Koordinasi Pengawasan Akta Penyelengaraan Administrasi Kependudukan dan Kegiatan Peningkatan Pelayanan Publik Dalam Bidang Kependudukan Tahun 2017 di GOR Kantor Kelurahan Jurangombo Selatan, Selasa (10/10).

Setelah itu, petugas tinggal mengubah elemen data sesuai yang diajukan oleh pemohon. Jika data yang diubah sudah benar, petugas akan mencetaknya. “Jadi meminimalisir kesalahan dalam menginput data, karena biasanya ditulis manual,” ujarnya. (put/ton)