Mudah Cari Sekolah

Sabrina Fatrianti Purseta (DOKUMEN PRIBADI).
Sabrina Fatrianti Purseta (DOKUMEN PRIBADI).

SERING menang di berbagai kejuaraan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi Sabrina Fatrianti Purseta. Sejak lulus SD, atlet catur ini tidak pernah kesulitan dalam hal mencari sekolah. Dengan menggunakan piagam dari kejuaraan yang dimenanginya, Sabrina bisa langsung melenggang ke sekolah tujuannya tanpa banyak kendala.

”Saya belajar banyak hal dan mendapat banyak hal pula dari menjadi atlet catur. Termasuk kemudahan masuk sekolah dan beasiswa yang saya dapat sejak di SD dan SMP,” ujar perempuan yang sempat menduduki peringkat 8 nasional pada 2015 sebelum memutuskan vakum untuk fokus studi.

Awalnya menjadi atlet catur bukanlah pilihan Sabrina. Saat itu, ia iseng mengikuti perlombaan dan memenanginya setelah latihan bersama sang ayah yang juga atlet catur di pos ronda daerahnya.

”Saya latihannya sama bapak. Bapak biasa main juga di pos ronda, hehe” kenangnya sambil tersenyum.

Menang di satu pertandingan membuatnya merasa semakin penasaran. Hingga akhirnya ia berambisi berlatih keras untuk mencapai prestasi lebih tinggi. ”Setelah menang di provinsi saat itu. Mau nggak mau harus latihan keras. Dari situ mulai jatuh cinta sama catur,” kata perempuan yang merasa ada yang kurang kalau tidak main catur ini.

Satu pengalaman yang terus membekas pada Sabrina adalah ketika dirinya berkesempatan mengikuti latihan di pelatnas Asean Paragames. Dirinya mengaku menjadi lebih bersemangat untuk latihan setelahnya. Pasalnya, dalam latihan tersebut dirinya dikalahkan oleh atlet tuna netra.

”Saat itu kita sparing. Saya sangat terheran-heran karena saya kalah. Tapi dari situ saya justru lebih bersemangat untuk meningkatkan kemampuan saya,” ujar perempuan yang akan turut serta di cabang olahraga catur Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional pada 14-21 Oktober mendatang ini. (cr4/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here