Komisi I DPR Minta NYIA Dipercepat

132

JOGJA—PT Angkasa Pura I diminta secepatnya menyelesaikan pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon. Permintaan itu disampaikan oleh anggota Komisi V DPR RI ketika meninjau proyek tersebut, Senin (9/10) kemarin. Bandara NYIA ditarget beroperasi pada Maret 2019. Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo, berharap pada Maret 2019, runway strip sudah bisa digunakan untuk pendaratan pesawat. Sekaligus, ada apron dan terminal penumpang jika memungkinkan.

“Sekarang runway strip under construction (dalam pengerjaan pembangunan). Kita harapkan Maret runway strip sudah beroperasi.” Sigit menyampaikan, pembangunan bandara baru di wilayah DIY sangat penting. Juga strategis, mengingat Bandara Adisucipto sudah sangat crowded. Belum lagi jadwal penerbangan yang kerap bentrok dengan agenda latihan terbang Akademi Angkatan Udara (AAU) serta lonjakan jumlah penumpang bandara yang terus meningkat.

Karenanya, bandara baru sangat dibutuhkan di wilayah DI Yogyakarta, mengingat status provinsi tersebut sebagai destinasi wisata terbesar setelah Bali. Bandara NYIA diprediksi bisa menampung hingga 15-20 juta penumpang per tahun. Sigit berharap, bandara NYIA bisa menjadi embarkasi baru untuk DIY. “Sehingga bandara ini harus bisa menampung pesawat berbadan besar. Landasan pacu minimal sepanjang 3.250 meter.” (jpg/isk)