PELANTIKAN: Upacara sumpah dan serah terima jabatan di lingkup Kejati Jateng, kemarin (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
PELANTIKAN: Upacara sumpah dan serah terima jabatan di lingkup Kejati Jateng, kemarin (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG– Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang, Rizal Pahlevi, dipromosikan menjadi Asisten Bidang Pembinaan Kejati Sumatera Selatan. Selain itu, Asisten Intelijen Kejati Jateng, Jacob Hendrik Pattipeilohy, dipromosikan menjadi koordinator pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung RI.

Selain keduanya, sejumlah pejabat lain di institusi Adhiyaksa juga dirotasi. Totalnya ada enam Kajari baru resmi dilantik dan bertugas di wilayah hukum Jateng. Keenam Kajari baru tersebut, yakni Dwi Samudji yang dilantik menjadi Kajari Kota Semarang, menggantikan Rizal Pahlevi. Rahardjo Yusuf Wibisono dilantik sebagai Kajari Banyumas, menggantikan Nove Elida Saragih yang dipercaya menjadi Kajari Batang.

Alex Rahman didaulat menjadi pimpinan Kejari Purworejo, menggantikan Abd Qohar yang dipromosikan menjadi Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus Kejati Gorontalo. Muhammad Sumartono dilantik menjadi Kajari Sragen menggantikan Herrus Batubara yang menjadi Asisten bidang Tindak Pidana Umum Kejati NTB.

Selain itu, Herlina Setyorini dilantik sebagai Kajari Kudus, menggantikan Hasran yang dimutasi menjadi jaksa fungsional Kejati Banten, dan Suhartoyo dilantik menjadi Kejari Karanganyar menggantikan I Dewa Gede Wirajana yang dipromosikan menjadi Kabag TU Puslitbang Kejaksaan Agung.

Tak hanya itu, sejumlah pejabat Eselon III di lingkungan Kejati Jateng juga dirombak. Seperti Asisten Intelijen Yacob Hendrik digantikan Bambang Haryanto. Asnawi dilantik menjadi Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, menggantikan I Putu Gede Sudharma yang menjadi Jaksa Fungsional Kejati Bali, dan Erna Normawati Widodo Putri dilantik sebagai Asisten Bidang Pengawasan menggantikan Timbul Tamba yang pindah sebagai Kasubdit Kinerja Tipidum Kejaksaan Agung.

“Mutasi jabatan di lingkungan Kejati Jateng merupakan hal yang biasa, tujuannya untuk penyegaran agar pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi,” kata Kepala Kejati Jateng, Sugeng Pudjianto, usai acara sumpah jabatan dan serah terima jabatan tersebut, Senin (9/10).

Sugeng mengatakan, pejabat yang baru dilantik itu harus siap bekerja lebih keras. Menurutnya, tugas dan kewajiban kejaksaan dalam melaksanakan penegakan hukum saat ini sangatlah berat.

“Apalagi peningkatan kualitas manusia saat ini sangat pesat dengan berbagai persoalan yang ada. Ini membawa konsekuensi bahwa kejaksaan harus benar-benar menyiapkan diri dengan organisasi, personel dan manajemen yang berkualitas,” tandasnya.

Sugeng menekankan kepada para pejabat yang baru dilantik untuk selalu berupaya memberikan kontribusi yang baik bagi kejaksaan. Caranya, dengan pengabdian yang terbaik, mengoptimalkan tugas dan peran serta fungsi masing-masing. “Dengan hal itu maka prestasi dan reputasi kejaksaan dapat memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat,” katanya. (jks/aro)