Ajak Ibu Rumah Tangga Jadi Reseller

292

SEMARANG – Berkembangnya jual beli online di Indonesia membuat PT Dusdusan Dotcom Indonesia yang merupakan supplier produk rumah tangga online coba menyasar ibu rumah tangga sebagai reseller produk tersebut, selama kurang lebih dua tahun, saat ini sudah lebih dari 31.000 reseller di Indonesia yang didominasi oleh ibu rumah tangga.

Co-Founder Dusdusan Christian Kustedi mengatakan dari  31.000 supplier tesebut, tercatat ada sekitar 780 reseller terdapat di Semarang. Jumlah tersebut, dirinya berharap secata keseluruhan akan ada peningkatan jumlah reslle. Untuk mendongkraknya ia mencanangkan program “Dusdusan Roadshow 2017: Learn More, Get More, Everyday” dibeberapa kota termasuk Semarang. “Dari roadshow ini target kami khusus Semarang, bisa bertambah mencapai 1.500 reseller,” katanya saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang kemarin.

Ia menerangkan, model bisnis yang ditawarkan berbeda dengan bisnis lainnya, dimana  tidak ada sistem tutup poin, tidak ada jaringan upline/downline, tidak ada target yang ditetapkan Dusdusan.com, yang dipromosikan oleh reseller adalah brand/toko milik mereka sendir. “Bahkan reseller tidak perlu stok barang karena ada sistem dropship,” tuturnya.

Sementara itu Marketing Communication Manager Dusdusan,  Lydiana Kristiawan mengatakan 90 persen dari reseller ini merupakan perempuan. Sebagian besar dari mereka juga perlu edukasi tambahan untuk meningkatkan semangat entrepreneurnya serta penguasaan teknologi.“Kami dukung dengan memberikan edukasi karena pemesanan dari reseller harus melalui website,” tambahnya.

Ia menambahkan jika tantangan di lapangan adalah bagaimana dapat mengedukasi pasar untuk memanfaatkan platform Dusdusan.com dan sosial media sebagai sarana untuk belajar bisnis, menjalankan bisnisnya. “Kami mengedukasi mereka secara online dan offline, salah satunya dengan pelatihan dan membagikan ilmu baru agar pengetahuan dan kemampuan mereka meningkat. sehingga dapat mengembangkan bisnis masing-masing secara optimal,” ujar Lydiana. (den/bas)