Prioritaskan Pendidikan Agama

411
BERPRESTASI: Kepala SD Muhammadiyah Sukorejo, Butuk Kemisih (paling kiri) beserta sejumlah siswa berprestasi saat di temui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
BERPRESTASI: Kepala SD Muhammadiyah Sukorejo, Butuk Kemisih (paling kiri) beserta sejumlah siswa berprestasi saat di temui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – SD Muhammadiyah Sukorejo Kecamatan Sukorejo tergolong sekolah yang mempunyai prestasi cemerlang. Buktinya sekolah ini  menjadi langganan juara diberbagai  ajang perlombaan.

Bahkan, sampai di tingkat Nasional. Hal ini tidak terlepas dari pendidikan yang diterapkan kepada anak didiknya di sekolah. Seperti di ungkapkan kepala SD Muhammadiyah Sukorejo, Butuk Kemisih.

Baginya, menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam sejak dini kepada para siswa dalam kesehariannya di sekolah merupakan prioritas dalam mendidik anak-anaknya. Menurutnya, seorang anak tidak cukup hanya  memiliki kecedasan intelektual namun juga harus diimbangi  dengan pendidikan agama yang kuat sebagai fondasinya.“Setiap orang tua itu menginginkan anaknya soleh dan juga cerdas sesuai  dengan slogan kami yakni soleh, mandiri, aktif, terampil, biasa kita sebut Smart,” ungkapnya.

Diakuinya, selama ini penerapan pendidikan  agama di sekolahnya sudah menjadi  kebiasaan sehari-hari. “Kelas 1 sampai  kelas 3 setiap hari  berjamaah di dalam kelas untuk kelas 4 sampai 6 berjamah di Masjid,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, setelah sholat berjamaah  anak-anak mendapatkan giliran untuk  tampil  memberikan ceramah yang didengarkan teman-temannya.”Untuk kelas bawah masih bawa teks yang kelas atas sudah  lepas teks,” bebernya.

Tidak hanya itu, selama dua tahun ini pihaknya juga mempunyai dua kelas fullday school khusus untuk hafalan Alquran.”Sementara kita masih berlakukan dua kelas satu kelas dibatasi 20 anak,” imbuhnya.

Soal kebersihan, tidak perlu diragukan, sekolahnya sudah menjalankan pembiasan hidup bersih dan sehat. Kelas-kelasnya pun bersih sekaligus bisa digunakan untuk  tempat sholat. Untuk kerapihan, sepatu-sepatu  ditaruh didalam rak sesuai dengan nama anak yang sudah tertempel.

Untuk keperluan makan, anak-anak tidak bisa jajan sembarangan, pasalnya sekolah sudah menyediakan katering yang sudah teruji higienitasnya. Yang menarik, anak-anak dibiasakan untuk mencuci kotak makananya sendiri.”Disini sudah disediakan kran-kran  dan ember untuk keperluan mencuci piring sekaligus mengajari anak hidup bersih,” bebernya.

Hasilnya, sudah terbukti baru-baru  ini SD Muhammadiyah menorehkan prestasi di tingkat Nasional yakni meraih  mendali emas dalam kejuaran Rocket AIR OLYQ III di bandung. Selain itu juga meraih mendali perak  Tahfidzul Quran dan perunggu untuk lomba Kaligrafi pada event yang sama. Bahkan, belum lama ini meraih  satu mendali emas dalam Kejurnas  pencak silat di Solo. (zen/bas)