Delapan Kecamatan Dipantau

Rawan Diterjang Puting Beliung

164

TEMANGGUNG—Delapan kecamatan di wilayah Temanggung rawan bencana angin kencang atau angin puting beliung. Utamanya, wilayah berada di lereng-lereng gunung. Memasuki pergantian musim kemarau ke musim penghujan, wilayah-wilayah tersebut saat ini intens dipantau.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Agus Sudaryono, membeber delapan kecamatan yang rawan tergerus angin kencang. Yakni, kampung-kampung di Kecamatan Temanggung, Tlogomulyo, Tembarak, Bulu, Ngadirejo, Bansari, Selopampang, dan Parakan.

“Kecamatan-kecamatan yang rawan angin kencang, berada di lereng-lereng gunung. Untuk Kecamatan Temanggung, meski di daerah kota, namun juga rawan bencana angin,” kata Agus Sudaryono, Minggu (8/10) kemarin.

Agus meminta kepada warga yang berada di zona rawan angina kencang agar lebih waspada. Untuk itu, warga diminta melakukan antisipasi. Yakni, segera menebang pohon-pohon besar yang sudah sangat tua. “Bahkan kemarin sudah mulai terjadi angin puting beliung di Kecamatan Bulu yang menumbangkan pohon-pohon. Beruntung, tidak ada rumah rusak dan memakan korban.”

Angin kencang, lanjut Agus, datangnya tidak bisa diprediksi, namun sangat cepat. Gejalanya diawali dengan kondisi langit berawan, gelap, lalu dalam hitungan detik, sudah terjadi angin kencang. “Jika mendapati kondisi dengan tanda-tanda demikian, kami mengimbau warga agar lebih waspada.”

Pada Jumat (6/10) lalu, angin kencang menumbangkan sebuah pohon di sebelah kantor Camat Bulu. Pohon dengan diameter 70 sentimeter tersebut tumbang sekitar pukul 08.00 WIB karena sudah rapuh.

Tak ada korban dalam peristiwa ini. Tapi pohon yang tumbang menimpa kabel telekomunikasi dan menutup separo akses Jalan Raya Bulu – Parakan. Lalu lintas harus dijalankan dengan sistem buka tutup. Petugas BPBD Temanggung dibantu aparat Polsek, Koramil dan Trantib Kecamatan Bulu langsung turun tangan mengevakuasi pohon yang tumbang tersebut. Setengah jam kemudian, batang pohon sudah bisa disingkirkan dan lalu lintas kembali lancar. (san/ton/isk)