Gali Ide dan Desain agar Tak Monoton

Bisnis Party Planner Makin Prospektif

37
CANTIK : Pernak-pernik dekorasi meja buatan Allure de Amore. Tema bernuansa rustic maupun paduan warna-warna tertentu banyak disukai (Allure de Amore for Jawa Pos Radar Semarang).
CANTIK : Pernak-pernik dekorasi meja buatan Allure de Amore. Tema bernuansa rustic maupun paduan warna-warna tertentu banyak disukai (Allure de Amore for Jawa Pos Radar Semarang).

Banyaknya perayaan dalam berbagai momen istimewa menjadikan bisnis party planner kian berkembang. Penggalian ide serta kreativitas menjadi kunci dalam menjalankan usaha di bidang ini.

Salah satunya Allure de Amore, yang tetap eksis hingga kini sejak merintis pada 2014 lalu. Ya, berawal dari mengonsep perayaan ulang tahun anak dan berlangsung sukses, muncullah ide untuk terjun dalam bisnis tersebut. “Kami melihat bidang ini cukup potensial untuk dikembangkan, terlebih saat itu masih belum banyak penyedia jasa party planner,” ujar salah seorang pendiri Allure de Amore, Dinar Eka Puspitasari.

Selain itu, kesibukan masyarakat urban tak jarang hanya menyisakan sedikit waktu untuk mengonsep dan mempersiapkan secara detail sebuah acara. Berdiskusi dan mempercayakan pada yang berpengalaman menjadi solusi.

Terkesan simpel namun mempersiapkan berbagai hal mulai dari tema, desain pernak-pernik, penataan di lokasi hingga souvenir dan detail lainnya ternyata juga membutuhkan kesabaran, ketelitian serta keahlian.

“Biasanya kami diskusikan dulu dengan klien, inginnya seperti apa. Setelah itu kami tunjukkan desain untuk backdrop, table setting dan lain-lainnya. Bila sudah sesuai, baru dicetak dan disiapkan detail lainnya,” ujar Dinar.

Tiga tahun berjalan, beragam acara telah dikonsep oleh tiga ibu muda yang bersama mendirikan usaha ini. Mulai dari ulang tahun, khitanan, surprise party, anniversary hingga yang sedang hits, baby shower dan bridal shower. “Klien kami juga dari usia dan segmentasi yang beragam. Remaja biasanya perayaan ulang tahun, ibu-ibu untuk ulang tahun anaknya, bahkan untuk orang tua juga ada surprise untuk anniversary bersama orang terkasih,” ujarnya.

Demikian halnya dengan beragamnya tema yang kebanyakan mengikuti tren yang sedang berlangsung. Diantaranya tema-tema bernuansa rustic maupun paduan warna-warna tertentu seperti black and gold yang menghasilkan kesan lebih elegan, atau sesuai dengan kesan yang ingin dihadirkan.

Namun begitu, beberapa tantangan juga dihadapi. Mulai dari menggali ide untuk desain dan konsep yang tidak monoton hingga menyelaraskan keinginan dari para klien yang tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda.

“Tiap acara, meskipun tema yang diminta sama, sebisa mungkin desain berbeda. Dengan inspirasi dari banyak hal. Begitu juga saat menghadapi klien dengan berbagai karakteristik, kuncinya sabar dan telaten,” imbuh Tisna Bunga Pertiwiningsih.

Hasilnya, jasa mereka tak hanya dipakai dalam kota, sebagian permintaan kini juga datang dari luar kota. “Kalau untuk luar kota, kami bisa datang dan bantu penataan dengan tambahan akomodasi, tapi bisa juga kami kirim berbagai keperluan, tinggal nanti ditata sendiri dengan bantuan langkah-langkahnya dari kami,” ujarnya. (dna/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here