Tumbuhkan Minat Baca Warga Desa

342
Purwa Hidayati (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)
Purwa Hidayati (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

MENUMBUHKAN minat orang untuk membaca bukanlah hal mudah. Utamanya warga di pedesaan yang minim fasilitas dan minat untuk mengenyam pendidikan tinggi. Namun bagi Purwa Hidayati, hal tersebut justru menjadi tantangan yang mengasyikkan. Menjadi pendamping Perpustakaan Desa di Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, ia terus berinovasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

“Sehari-hari saya beraktivitas sebagai pendamping perpustakan desa. Khususnya wilayah terdampak PLTU Batang, di Desa Juragan, Bakalan, Tulis, Wringingintung, Beji, Sembojo dan Kenconorejo,” ucap perempuan kelahiran Batang, 1992 ini.

Purwa, sapaan akrabnya, baru sebulan ini diangkat menjadi pendamping Perpusdes, karena pendamping sebelumnya mengundurkan diri karena kesibukannya.

“Tapi saya sebelumnya juga menjadi pengurus Perpusdes sejak November 2016, jadi sudah paham kerjanya,” ucap alumni Fakultas¬†Agroteknogi Pertanian¬†Universitas Pekalongan ini.

Ketertarikannya dalam dunia perpustakaan, karena perempuan berhijab ini memiliki prinsip harus bisa bermanfaat untuk orang lain.

“Menjadi pengurus Perpusdes, menurut saya salah satunya cara agar bermanfaat bagi orang lain. Disisi lain untuk memotivasi diri sendiri, dalam hal meningkatkan minat baca juga,” ucap wanita yang berulangtahun setiap 30 Mei ini.

Selama bergelut dengan dunia perpustakaan, banyak suka dukanya. Menurutnya, cukup sulit mencari rekan yang sehati dan cinta literasi.

“Yang minat dengan dunia ini minim,¬† hanya orang itu-itu saja yang mau menjadi relawan. Kadang kesulitan ketika mau mengadakan kegiatan sosial,” kata warga Tulis Batang ini.

Namun dibalik itu, dirinya senang bisa ketemu teman baru dan banyak pengalaman saat beraktifitas. Karena tidak sekadar meningkatkan minat baca saja, bersama tim ia kerap kali menggelar pelatihan-pelatihan. Mulai dari siswa sekolah hingga ibu rumah tangga, agar bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis. Selain tentang dunia baca juga memberi pelatihan produk UMKM. (han/zal)