Tak Kesampingkan Pendidikan Agama

248
KEBANGGAAN: Kepala SDN 4 Sukorejo Subiharni (paling kanan) beserta para siswa dan guru saat ditemui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
KEBANGGAAN: Kepala SDN 4 Sukorejo Subiharni (paling kanan) beserta para siswa dan guru saat ditemui di sekolahnya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – SDN 4 Sukorejo Kecamatan Sukorejo punya perhatian khusus pada pendidikan Agama di sekolah. Buktinya, sekolah ini punya program Baca Tulis Alquran (BTQ). Bahkan, program ini sudah berjalan selama empat tahun hingga sekarang.

Berangkat dari keprihatinan karena menemukan  beberapa siswanya  yang tidak bisa mengaji, Subiharni selaku kepala SDN 4 Sukorejo berinisiatif membuat pendidikan khusus baca tulis Alquran dengan mendatangkan guru ngaji dari luar.” Awalnya saya ini prihatin masih  ada anak-anak di sekolah ini belum bisa mengaji,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan membekali siswa kemampuan baca tulis Alquran  sedikit banyak membantu para orang tua di rumah yang mungkin punya kesibukan masing-masing. “Orang tua siswa di sini  rata-rata dagang di pasar dari pagi sampai menjelang maghrib,” bebernya.

Pelaksanaan BTQ  dilakukan  setiap  hari di sekolah  dari hari Senin sampai Sabtu bergantian  dari kelas 1 sampai kelas 6 sebelum pulang sekolah. “Kita punya alokasi waktu khusus  setiap hari tidak kurang dari  satu jam sebelum pulang sekolah untuk mengaji,” jelasnya.

Sistem pengajaran yang diberikan pun hampir sama dengan yang ada di sekolah madrasah, setiap siswa dibekali buku Iqra sesuai dengan jenjangnya masing-masing.”Jadi disini ngajinya satu persatu bergantian semua anak,” terangnya.

Selain itu, untuk evaluasi  ada semacam buku penilaian. “Di sini ada buku raportnya jadi pengajarnya tahu masing-masing anak sampai sejauh mana kemampuannya,” lanjutnya.

Alhasil, Sejauh ini sudah bisa dirasakan kemajuan dan manfaatnya dalam berbagai kejuaraan   Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami  sekolah ini  kerap menorehkan  prestasi.”Kita sering juara di MTQ dan Murotal walaupun masih dalam tingkat Kecamatan,” bebernya.

Selebihnya, sekolah ini tergolong aktif dalam mengikuti berbagai kompetisi. Buktinya baru-baru ini  SDN 4 Sukorejo berada di peringkat ketiga lomba LCC tingkat Kabupaten Kendal. “Kita hampir tidak pernah absen mengikuti lomba, apalagi ini ada kompetisi sekolah SD/MI  menuju kendal permata pantura, saya dukung sekali,” pungkasnya. (zen/bas)