Panen Ikan Nila Tambak Air Payau

Baru Pertama Diuji Coba dan Berhasil

1213
PANEN NILA : Kepala DKP Demak, Hari Adi Susilo bersama Kabid Perikanan Sriyono memanen ikan nila di tambak air payau di Desa Wonoagung, Kecamatan Karangtengah, kemarin (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
PANEN NILA : Kepala DKP Demak, Hari Adi Susilo bersama Kabid Perikanan Sriyono memanen ikan nila di tambak air payau di Desa Wonoagung, Kecamatan Karangtengah, kemarin (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

DEMAK-Budidaya ikan air tawar cukup menjanjikan. Bahkan, kini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Demak telah mengujicoba budidaya ikan nila di areal tambak dengan air payau. Meski air yang digunakan tidak air tawar, namun ikan nila yang biasanya hidup di air tawar terbukti mampu bertahan dan dapat dibudidayakan di tambak berair payau. Kemarin, DKP bersama kelompok pembudidaya ikan di Desa Wonoagung, Kecamatan Karangtengah berhasil memanen ikan nila yang ditebar 4 bulan lalu.

Kepala DKP, Hari Adi Susilo mengatakan, selama ini yang dibudidaya warga yang paling banyak adalah ikan lele. Karena itu, pihaknya mencoba berinovasi membina warga untuk membudidayakan ikan air tawar, seperti ikan nila ini. “Dari sisi ekonomi sebetulnya menguntungkan ikan nila daripada ikan lele. Bahkan, kini ikan nila bisa dibesarkan di tambak air payau,” katanya didampingi Sekretarisnya, Nanang Tasunar.

Menurutnya, budidaya ikan nila di air payau sebagai bagian dari program revitalisasi tambak dan kolam. Karena itu, ikan nila yang dibudidayakan tersebut sebagai percontohan. “Budidaya ini ditangani langsung kelompok yang tergabung dalam koperasi usaha bersama (KUB) Al Amin. Untuk lahan masih menyewa,” kata Hari Adi Susilo.

Kabid Budidaya Perikanan, Sriyono menambahkan, tambak air payau sebelumnya ditebar sebanyak 105 ribu ekor ikan nila dengan ukuran 4 sampai 6 centimeter. Dalam 5 bulan bisa dipanen. “Mestinya 3 bulan sudah bisa dipanen. Tapi, karena terpengaruh cuaca dan air payau waktu panen molor. Dengan kadar salinitas yang ada, ikan nila dapat diadaptasi dengan air payau yang ada,” katanya. Ikan nila yang dipanen langsung dibeli pedagang ikan. (hib/ida)