Honda Gelar Safety Riding Contest

201
GESIT : Salah satu karyawan pabrik berusaha melewati rintangan yang dibuat oleh tim Honda pabrik PT HM Sampoerna (IST).
GESIT : Salah satu karyawan pabrik berusaha melewati rintangan yang dibuat oleh tim Honda pabrik PT HM Sampoerna (IST).

SEMARANG – Main Dealer Astra Motor Jateng bersama Dealer Honda Cendana Cepiring kembali menanamkan virus aman berkendara kepada masyarakat, kali ini melalui kegiatan Safety Riding Contest tingkat nasional yang dilaksanakan oleh PT HM Sampoerna. Sebanyak 41 peserta perwakilan dari 41 pabrik dan TPO Sampoerna di seluruh Indonesia bertanding ketangkasan aman berkendara di area salah satu pabrik Sampoerna yang berlokasi di Cepiring, Kendal.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah Oke Desiyanto mengatakan bahwa kompetisi safety riding yang dibuat khusus kali ini merupakan salah satu cara dari Honda untuk bisa menyebarkan perilaku aman berkendara kepada seluruh masyarakat termasuk karyawan pabrik. “Dengan adanya kegiatan safety riding ini dan mulai jadi concern beberapa lembaga dan korporasi besar di Indonesia adalah pertanda yang baik dalam pemahaman keselamatan berkendara,” katanya.

Dalam kompetisi, seluruh peserta diuji dalam 3 komponen safety riding. Ada tiga rintangan yang harus diselesaikan oleh seluruh peserta mulai dari papan narrow plank, atau papan keseimbangan, sistem pengereman dan arena slalom course, dalam rintangan ini peserta harus menuntaskan jalur yang sudah ditentukan oleh tim safety riding Astra Motor Jateng. “Semua rintangan ini  skill dalam mengendalikan sepeda motor akan diuji secara menyeluruh. Peserta juga dinilai secara sikap dan etika sewaktu mengendarai sepeda motor,” jelasnya.

Selain kegiatan dengan PT HM Sampoerna, sebelumnya Astra Motor Jateng sudah kerap kali melakukan kegiatan safety riding bersama korporasi besar di Indonesia. Salah satunya seperti melalui kegiatan pelatihan yang dilakukan bersama oleh PT Kubota, dimana waktu itu Kubota berani menghentikan proses produksinya selama setengah hari agar para karyawannya bisa berlatih safety riding.“Kedepannya, kami terus melakukan inovasi agar masyarakat secara mudah bisa sadar akan pentingnya berkendara secara aman. Sehingga, angka kecelakaan pun bisa ditekan,” tambahnya.

EHS Factory Manager PT HM Sampoerna Rachmad Iswahjudi menambahkan jika perilaku aman berkendara sudah menjadi salah satu fokus dari tim EHS PT HM Sampoerna Tbk, safety riding jadi faktor penting terhadap kesejahteraan karyawan dan mitra bisnis.“Kami memiliki 60.000 karyawan, hampir 80% menggunakan motor ke tempat kerja. Data di perusahaan, proses kerja di pabrik semuanya sudah safety, nihil kecelakaan kerja. Namun, dalam beberapa kasus kecelakaan terjadi sewaktu pergi atau pulang dari tempat kerja,” tuturnya.

Ia mengaku selama empat tahun terakhir HM Sampoerna sudah menjalankan program dimana karyawan dan mitra bisnis wajib menjalankan safety riding selama menuju dan pulang dari tempat bekerja. “Safety Riding Contest dibuat untuk menjadi tolak ukur keahlian karyawan dalam mengendarai sepeda motor,” paparnya.(den/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here