Partai Amanat Nasional Incar Sudirman Said

303

SEMARANG – Partai Amanat Nasional (PAN) mengincar tiga sosok untuk diusung dalam Pilgub Jateng, 2018 mendatang. Yakni petahana Ganjar Pranowo, mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar, serta mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said. Dari tiga nama itu, Sudirman Said disebut sebagai sosok paling potensial untuk diusung.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melihat perkembangan politik. Termasuk melakukan survei mengenai sosok pemimpin yang diidamkan warga Jateng. “Kami sedang menyurvei masyarakat Jateng maunya yang mana,” katanya ketika di Semarang, kemarin.

Dijelaskan, Sudirman Said menjadi incaran utama karena dianggap punya potensi. Selain sudah melakukan sosialisasi, Sudirman Said juga punya track record bersih di roda pemerintahan. Sementara Marwan Jafar, memang sudah teruji di kancah politik nasional. “Pak Dirman sosok yang bersih, Pak Marwan pengalaman di dunia politik dan Pak Ganjar dari incumbent. Pak Ganjar pasti paham betul mengenai seluk-beluk Jateng,” terangnya.

Meski sudah mengantongi tiga nama, pihaknya tetap harus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik untuk menjalin koalisi. Pasalnya, kursi di DPRD Jateng, belum cukup banyak untuk mengusung sendiri. “Kami komunikasi dengan semua partai politik. Setidaknya ada beberapa teman koalisi akan dijajaki seperti PDIP, Gerindra dan PKB yang akan menemani PAN bertarung di bursa Pilgub 2018 nanti,” bebernya. Mengingat pembukaan pendaftaran bacagub sudah mendekati waktunya, pihaknya akan secepatnya mengumumkan nama yang akan bakal diusung pada bulan Oktober ini.

Ketua DPW PAN Jateng ,Wahyu Kristanto menambahkan, pihaknya sudah membuka pintu untuk Sudirman. “Bagaimanapun PAN harus memilih kandidat terbaik, yang diukur tidak saja dari kapasitas, tetapi juga popularitas dan elektabilitas yang bersangkutan,” terangnya.

Di lain pihak, Sudirman Said mengaku sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk meramaikan bursa Pilgub Jateng. Seperti PAN, PKS, PPP, dan Partai Gerindra. Meski begitu, dia belum bisa memutuskan untuk bergabung di partai mana. “Intinya, saya hanya melakukan sosialisasi. Nanti biar partai politik yang menilai apakah saya pantas menjadi bakal calon atau tidak,” ucapnya. (amh/ric)

Silakan beri komentar.