ANTUSIAS: Sejumlah anak-anak saat mendapat pelajaran mengenai cara memadamkan api. Mereka terlihat antusias saat kegiatan playdate orangtualogy di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang (Rizal Kurniawan/Jawa Pos Radar Semarang).
ANTUSIAS: Sejumlah anak-anak saat mendapat pelajaran mengenai cara memadamkan api. Mereka terlihat antusias saat kegiatan playdate orangtualogy di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang (Rizal Kurniawan/Jawa Pos Radar Semarang).

SEMARANG- Puluhan anak-anak terlihat antusias ketika mendapat pelatihan memadamkan api di markas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, akhir pekan lalu. Kegiatan tersebut digelar oleh Komunitas Orangtualogy untuk mengedukasi anak terkait penanganan kebakaran.

“Waaah seru sekali Bu!! Aku tadi naik mobil pemadam dan ikut semprot air padamin api,” seru Tata, 7,”  putra Anita Primaningrum salah satu member Komunitas Orangtualogy usai mengikuti Playdate di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Minggu (1/10).

Acara Playdate yang diusung komunitas parenting itu memang kerap menarik perhatian anak-anak. Seperti di acara bertajuk ‘Little Adventurers Meet Fireman and Fire Truck’ anak-anak bisa mengeksplorasi dan belajar tentang api dan pemadam kebakaran.

Dalam kegiatan tersebut anak-anak mendapat edukasi dan pengenalan profesi pemadam beserta atributnya yang disusul dengan menonton video tentang pemadam kebakaran. Selain itu anak-anak berusia 2 sampai 10 tahun itu juga diberikan kesempatan untuk berkeliling naik mobil kebakaran, mengenakan atribut pemadam, dan bahkan ikut memadamkan api dalam simulasi pemadaman di akhir acara.

Menurut Panitia Acara, Ratih Risqi Nirwana anak-anak cenderung suka bermain dengan api, seperti kembang api, petasan, korek api, atau hanya lilin. “Memang menyenangkan bermain dengan api. Itulah mengapa, anak-anak perlu dikenalkan dengan api, baik manfaatnya dan juga bahaya yang dapat ditimbulkannya,” ujar pemilik Bebibyur Apa and Salon.

Melalui playdate yang diselenggarakan OLC selain mengenalkan profesi Firemans bersama Firetruck-nya, juga mengenalkan si kecil pada bahaya api dan kebakaran, mengajarkan bagaimana supaya aman bersama api, serta mengajarkan penyelamatan dan apa yang dilakukan bila terjadi kebakaran.

Hal serupa diungkapkan Otiana Mayahati yang baru pertama Kali mengajak putranya, Aqsa, mengikuti acara playdate OLC merasa senang. “Acaranya seru sekali. Anak-anak bisa bermain sambil belajar, serta bisa bersosialisasi dengan anak-anak yang lain,” tandasnya. (zal)