Buat Sekolah Senyaman Mungkin

293
KREATIF: Suasana belajar mengajar di SDN 2 Penyangkringan Kecamatan Weleri (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
KREATIF: Suasana belajar mengajar di SDN 2 Penyangkringan Kecamatan Weleri (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – SDN 2  Penyangkringan Kecamatan Weleri tergolong sekolah yang kreatif. Pasalnya,  dinding -dinding ruang kelasnya dipenuhi alat peraga dan dihiasi dengan pernak-pernik hasil kreasi siswanya sendiri.

Bahkan, sekolah ini juga punya taman media belajar untuk para siswanya. Bagi Sofiah, Kepala SDN 2 Penyangkringan, pengajaran tidak melulu soal hafalan dan teori yang cenderung membuat cepat bosan. Namun, harus mampu memberikan rasa nyaman dan kerasan pada anak.

Menurutnya, penyampaian materi bisa dilakukan dengan cara yang lebih kreatif dan efektif  melalui  tambahan alat peraga yang cukup sederhana dan mudah dipahami.”Di kelas ini  ada maket rumah, gambar tiga dimensi, poster pengetahuan umum, poster matematika, majalah dinding , tulisan-tulisan, dan hasil ketrampilan siswa,” ungkapnya.

Diakuinya dinding-dinding diruangan kelas memang sengaja di sediakan untuk menempel barang-barang hasil dari ketrampilan para siswanya.”Ruang kelas ini  untuk wadah kreatifitas, jadi anak-anak bisa mendisplay karyanya sendiri,” bebernya.

Selain itu lanjutnya, dalam penataan meja kursi selalu berubah menyesuaikan kebutuhan.”Kami lakukan perubahan secara berkala menyesuaikan model pembelajaran seperti waktu diskusi  mejanya  perkelompok saling berhadapan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, baru-baru ini sekolahnya baru saja merampungkan pembangunan taman media belajar siswa.  Sebelumnya area ini adalah tanah kosong yang ditumbuhi tanaman liar, kemudian oleh sang penggagas yakni Kepala Sekolah tempat ini disulap menjadi arena bermain dan belajar para siswa.

Di bagian tengah taman seukuran ruangan kelas ini terdapat  replika candi borobudur yang  terbuat dari beton untuk sarana pengetahuan dan menunjang pembelajaran. Selain itu, di sekeliling taman ada maket-maket kubus, balok, kerucut, dan bangun ruang lainnya berukuran sedang yang terbuat dari beton lengkap dengan keterangan sisi-sisi dan rumus-rumusnya.”Mau belajar hitung bangun ruang bisa, mau belajar bangunan bersejarah ada disini,” bebernya.

Alhasil, selama ini siswa SDN 2 Penyangkringan cukup terampil dalam hal ketangkasan dan ketrampilan. Buktinya baru-baru ini  juga meraih juara pertama Pramuka tingkat Kabupaten  Kendal dan kerap menjadi langganan juara Pramuka  di Kabupaten.”Kami selalu dorong anak-anak untuk tampil kreatif dalam setiap perlombaan  seperti  kompetisi  antar SD/MI menuju kendal Permata Pantura ini  saya dukung sekali,” pungkasnya. (zen/bas)