PANUTAN: Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sukorejo Widodo Purwanto (tengah) beserta jajarannya saat ditemui di kantornya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
PANUTAN: Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sukorejo Widodo Purwanto (tengah) beserta jajarannya saat ditemui di kantornya (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – UPTD Pendidikan dan Kecamatan Sukorejo  punya cara tersendiri dalam meningkatkan prestasi di sekolah-sekolahnya. Seperti diungkapkan oleh Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Sukorejo, Widodo Purwanto.

Baginya, komunikasi menjadi menjadi prioritas dalam membangun sebuah kebersamaan dan kekompakan dalam institusinya.”Kita selalu intensif melakukan  komunikasi  dengan pengawas,kepala sekolah dan semua guru,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga memperkuat jaringan dengan melakukan komunikasi di luar institusi namun masih ada kaitannya dengan pendidikan “Kita intensif komunikasi dengan semua pihak termasuk dengan pihak kecamatan dan Kepolisisan,” bebernya.

Menurutnya, melalui komunikasi yang baik dapat meminimalisir kesalahpahaman dan juga dalam rangka menyamakan visi dan misi. Kita jadi tahu potensi diri kita baik kekurangan maupun kelebihannya sehingga bisa dicarikan solusinya bersama-sama,” sambungnya.

Diakuinya, selama ini pihaknya memanfaat teknologi informasi  lewat aplikasi jejaring sosial  dalam mengkoordinasi  sekolah-sekolahnya.”Untuk kecepatan komunikasi kami ada tiga grup  khusus yakni untuk SD, MI, dan PAUD,” bebernya.

Namun demikian, pihaknya juga mengintensifkan interaksi secara langsung dengan jajarannya  melalui kegiatan-kegiatan non formal.”Setiap hari jumat satu bulan sekali secara bergiliran jalan sehat bareng kepala sekolah se-Kecamatan Sukorejo untuk menjaga kekompakan,” ungkapnya.

Terbukti, selama ini sekolah-sekolah di Kecamatan Sukorejo cukup dominan dalam setiap perlombaan di tingkat Kabupaten baik akademik maupun akademik. Bahkan, gurunya pun tidak mau ketinggalan, baru-baru ini salah satu guru di SDN 2 Sukorejo yakni Diannita Ayu Kurniasih menorehkan prestasi dengan meraih peringkat 6 dalam Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat nasional  di Jakarta.

Pengawas UPTD Sukorejo, Achmad Syaban, menambahkan sekolahnya sudah terbiasa berkompetisi  dan menjadi langganan dalam berbagi perlombaan. Jadi tidak mengherankan jika selama ini selalu di perhitungkan. “Kami  punya habit bertanding, ini akan kami manfaatkan untuk mengikuti kompetisi lomba antar SD/MI menuju Kendal Permata Pantura,” pungkasnya. (zen/bas)