SEMARANG – Sejumlah partai politik mulai bergerilya untuk menimang-nimang kader yang bakal diusung dalam Pilgub Jawa Tengah 2018. DPW PPP Jawa Tengah sudah menyiapkan kader internal untuk ditawarkan dengan parpol lain. Di sisi lain, DPD Partai Gerindra Jawa Tengah sudah mengerucutkan dua nama yang bakal diusung menjadi calon gubernur yakni Sudirman Said dan Ferry Juliantono.

Ketua DPW PPP Jawa Tengah, Masruhan Samsurie mengaku terus melakukan lobi dengan sejumlah parpol. Dengan kursi yang minim hanya delapan kursi, dipastikan partainya tidak bisa mengusung calon sendiri. Artinya, koalisi merupakan jalan terakhir yang akan diambil. “Komunikasi dengan parpol lain jelas, bahkan kader kami ada yang sudah ikut mendaftar di PDI Perjuangan,” katanya.

Selain PDIP, ia mengaku terus menjalin komunikasi intensif dengan Partai Golkar yang digadang-gadang bakal mengusung Ketua DPD Wisnu Suhardhono. Meski begitu, ia memastikan jika PPP masih belum melakukan teken kontrak dengan parpol lain dalam pertarungan Pilgub Jawa Tengah. “Kami ingin memunculkan figur baru yang bisa memajukan dan meningkatkan potensi di Jawa Tengah,” ucapnya.

Masruhan mengaku sudah mengajukan sejumlah kader internal untuk ditawarkan ke parpol lain. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan mendukung kader diluar partai asalkan memiliki visi misi yang sama untuk mensejahterakan masyarakat Jawa Tengah. Diantaranya kader yang bakal diusung adalah Ahmad Muqowwam. “Ada beberap kader potensial yang sudah kami siapkan, tinggal nanti siapa yang akan dipasangkan dengan siapa,” tambahnya.

Gerindra sudah mulai memunculkan dua figur yang bakal diusung dalam Pilgub Jateng. Mereka adalah Mantan Menteri ESDM Sudirman Said dan kader internal Gerindra Ferry Juliantono. Keduanya bahkan sudah diperkenalkan langsung kepada masyarakat Jawa Tengah. Sementara, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wachid tidak maju dalam Pilgub karena diminta agar konsentrasi pada pemenangan Pilgub, Pilpres, dan Pileg. “Survei terus kami lakukan untuk melihat sejauh mana elektabilitas calon dan apa yang diinginkan masyarakat Jateng,” katanya. (fth/ric)