KOMISIONER: Yami Blumut (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU).
KOMISIONER: Yami Blumut (AHSAN FAUZI/JAWA POS RADAR KEDU).

TEMANGGUNG—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung mulai membuka pendaftaran partai politik (parpol) yang akan maju pada Pemilu 2019. Baik untuk parpol lama (pernah ikut Pemilu) maupun parpol baru.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Divisi Hukum, Yami Blumut, menyampaikan, tahapan Pemilu 2019—sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggara Pemilu 2019— telah memasuki tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu.

Tahapan ini dilaksanakan pada 1-3 Oktober 2017. Sedangkan pendaftaran dan penyerahan kelengkapan dokumen persyaratan pendaftaran parpol dan penyerahan syarat pendaftaran oleh parpol kepada KPU pada 3-16 Oktober 2017.

“Penerimaan salinan bukti keanggotaan parpol oleh KPU Kabupaten Temanggung tanggal 3-16 Oktober 2017 mendatang,” kata Yami, kemarin.

Masih menurut Yami, untuk pemenuhan keanggotaan partai politik yang harus didaftarkan sebagai kelengkapan persyaratan berjumlah 1.000 atau 1/1000. Jika mengambil pilihan 1/1000, parpol harus menyerahkan bukti keanggotaan partai politik 769 anggota.

“Saat ini, kami telah menerima kepengurusan 16 parpol tingkat Kabupaten Temanggung. Sebanyak 12 di antaranya merupakan parpol lama (parpol peserta pemilu tahun 2014) dan empat merupakan parpol baru.”

Senin (2/10) pagi ini, KPUD akan menggelar sosialisasi pendaftaran dan verifikasi. “Akan kami sampaikan mekanisme pendaftaran partai politik dan bimbingan teknis penggunaan sistem informasi partai politik. Kami juga meminta kepada kepada parpol yang belum mengirimkan kepengurusan, segera melengkapi.” (san/isk)