Tanya dr Andi:

Dok, Mr P saya bengkok saat ereksi, ada benjolan di pangkalnya, jadi terasa sakit pada waktu tegang dan saat berhubungan, usia saya 43 tahun. Jadi trauma bila akan berhubungan. Terimakasih dr Andi.

Jawab dr Andi:

Ini disebut penyakit Peyroni yaitu terbentuknya jaringan (plak) pada penis. Biasanya jaringan ini makin mengeras pada salah satu sisi, yang membuat penis melengkung saat ereksi.

Penyakit Peyronie bisa dialami oleh pria pada usia berapapun. Meskipun begitu, sebagian besar penderita adalah pria usia paruh baya. Diperkirakan 3-9 persen pria di dunia menderita penyakit Peyronie.

Ini gejala penis bengkok (Peyronie): benjolan keras pada batang penis, rasa sakit saat ereksi, penis bengkok saat ereksi. Jaringan mengeras menimbulkan rasa sakit, yang bisa memicu impotensi. Penis bisa bengkok ke arah kiri dan kanan, meskipun dari banyak kasus yang terjadi penis lebih banyak membengkok ke atas. Jika Anda perhatikan penis membengkok dengan tiba-tiba dan cenderung makin berkembang dalam satu sampai tiga bulan. Gejala tersebut lebih sering terjadi dalam keadaan ereksi.

Penyebabnya bisa dari pendarahan akibat terbentur/ trauma atau cedera. Selain itu, terdapat dugaan bahwa terbentuknya plak disebabkan oleh faktor genetika atau keturunan.

Pengobatannya bisa berupa obat oral/minum, injeksi atau pembedahan. Ini tergantung dari derajat bengkoknya penis, tebalnya jaringan ikat yang membuat penis bengkok, kedalamannya, atau adanya di sungsi ereksi. (www.dokterAndi.com)