BAHAS BANTUAN : Sosialisasi Pancasila dan Program BSPS, di rumah dinas Bupati Magelang kemarin (IST).
BAHAS BANTUAN : Sosialisasi Pancasila dan Program BSPS, di rumah dinas Bupati Magelang kemarin (IST).

MUNGKID– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) 2017 di Kabupaten Magelang. Bantuan senilai Rp 15 juta per rumah di wilayah ini, telah disalurkan di 22 desa.

Kepala Subdit Fasilitasi, Pendataan dan Verifikasi Kementerian PUPR, Agusny mengatakan, Kementerian PUPR menyalurkan program BSPS hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia setiap tahunnya. Rata-rata setiap kabupaten kota, mendapatkan 250 unit per tahun.

“Khusus di Kabupaten Magelang, tahun ini sudah mendapatkan 700 unit. Berarti ada 3 kali lipat dari kabupaten dan kota lain di Indonesia. Namun jumlah ini, didasarkan hasil usulan daerah dan tidak semua usulan itu kami realisasi. Semua tetap melalui tahapan verifikasi yang kami lakukan. Jika memang sesuai, tentu akan kami bantu,” katanya dalam sosialisasi Pancasila dan Program BSPS, di rumdin bupati, kemarin.

Untuk tahun 2018, diusulkan ada 48 desa di 18 kecamatan dengan setiap desa mendapat 25 unit. Bantuan ini merupakan usulan dari anggota DPR RI Komisi V Sujadi.

“Sejak 2014 hingga kini, bantuan yang diberikan mungkin mendekati Rp 1 triliun atau mungkin justru lebih dari itu. Mulai dari BSPS, irigasi, sanitasi, jembatan dan lainnya. Untuk tahun 2018 saja, sudah ada 48 desa yang diusulkan untuk menerima BSPS. Kita doakan saja, bantuan itu terealisasi,” kata Bupati Magelang, Zaenal Arifin.

Pihaknya dalam kesempatan itu meminta kepada desa sebagai ujung tombak di lapangan, untuk memantau pelaksanaan bantuan tersebut. “Kepala desa adalah ujung tombak. Namun kami minta para camat untuk juga memantau bantuan ini (BSPS), agar tepat sasaran dan secara administrasi sesuai ketentuan peruandang-undangan,” pintanya.

Anggota DPR RI Komisi I Sudjadi dalam kesempatan itu menyampaikan, pihaknya bersama Kementerian PUPR dan kementerian lain, sudah beberapa kali menyalurkan bantuan ke Kabupaten Magelang. Dari catatannya, sejak 2014 lalu ada 23 desa yang mendapat bantuan. Mulai dari perbaikan irigasi, sanitasi, BSPS, drainase dan pembangunan jembatan serta jalan.

“Untuk tahun 2015, ada 31 desa dengan 56 program. Tahun 2016 ada 53 desa dengan 91 program dan tahun 2017 ada 84 desa dengan 109 program. Untuk tahun 2018, kami usulkan ada 95 desa dengan 128 program,” ungkapnya.

Dalam sosialisasi kemarin, juga dihadiri Plt Sekda Eko Triyono, Kepala BTN Cabang Magelang, Heru Kristanto, 18 camat, 70 kepada desa dan beberapa perwakilan penerima BSPS diwilayah ini. (vie/lis)