JUARA PBB : Para pengurus DPD KNPI Kabupaten Temanggung, panitia dari purna paskibraka berpose dengan perwakilan pemenang lomba PBB 2017 di halaman Gedung Pemuda Temanggung, Kamis (28/9) malam (Ahsan fauzi/radar kedu).
JUARA PBB : Para pengurus DPD KNPI Kabupaten Temanggung, panitia dari purna paskibraka berpose dengan perwakilan pemenang lomba PBB 2017 di halaman Gedung Pemuda Temanggung, Kamis (28/9) malam (Ahsan fauzi/radar kedu).

TEMANGGUNG– Gelaran lomba peraturan baris berbaris (PBB) bagi pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Temanggung yang digagas oleh Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Temanggung Kamis (28/9) kemarin berjalan seru. Sedikitnya ada 15 SMA sederajat mengikuti kegiatan tersebut.

“Pendaftar yang masuk ke daftar panitia ada 19 sekolah. Namun, yang ikut registrasi ulang ada 15 sekolah. Jadi, lomba diikuti 15 pleton, tiap pleton terdapat 18 personel,” ucap ketua panitia lomba PBB tahun 2017, Yogi Hendi Surya di sela acara kemarin.

Yogi melanjutkan, selain PBB, untuk menyemarakkan lomba, juga digelar lomba yel-yel. Menurut Yogi, lomba PBB yang diadakan DPD KNPI Kabupaten Temanggung merupakan yang perdana. ”Lomba kita desain secara transparan dan profesional. Maka, dewan juri yang kita libatkan merupakan tokoh yang sudah berpengalaman dan sudah malang melintang dalam lomba PBB. Kali ini kita gandeng Polres Temanggung dan Kodim 0706/Temanggung,” terangnya.

Ketua DPD KNPI Temanggung Muhammad Masthur menuturkan, lomba PBB untuk mempererat persatuan antarpelajar di Temanggung, merangsang siswa untuk gemar berolahraga dan mengajak mereka cinta berorganisasi.

“Kita kenalkan organisasi KNPI ke mereka. Saya berharap, dengan kegiatan ini, bisa meningkatkan kedisiplinan para siswa serta melatih keberanian atau mental siswa, sekaligus untuk menimalisasi kenakalan pelajar,” harapnya.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno berharap dengan lomba ini, pelajar Temanggung bisa lebih mengusai teori dan praktik PBB. Setidaknya, bisa untuk modal nantinya, bagi siswa yang tertarik atau berminat untuk mendaftar menjadi anggota polisi atau TNI.

“Setiap tahun saya selalu hadirkan drum band dari masing-masing angkatan. Mulai dari Akmil, Akpol, AU, IPDN dan terakhir AL. Itu semata-mata untuk merangsang generasi muda Temanggung untuk menjadi seorang perwira,” ucapnya.

Bambang melanjutkan, siswa-siswi yang mengikuti lomba, tentu pelajar pilihan masing-masing sekolah. “Dengan kegiatan ini, saya berharap bisa tersaring atlet potensial PBB Temanggung, sehingga ketika ada perlombaan PBB tingkat provinsi dan nasional bisa lebih siap. Temanggung bisa menang di setiap even lomba.”

Dalam lomba PBB kemarin, juara I menyabet tropi Bupati Temanggung adalah SMA Negeri 2 Temanggung, juara II trofi Dandim 0706/Temanggung disabet SMA Negeri 1 Temanggung dan juara III trofi Kapolres Temanggung diraih SMA Negeri 3 Temanggung.

Untuk juara harapan merebutkan trofi DPD KNPI Temanggung, masing-masing juara harapan I SMK Negeri 1 Temanggung, juara harapan II SMK Bansari dan juara harapan III SMK HKTI Temanggung.

Adapun untuk pemenang lomba yel-yel, juara I disabet SMA Negeri 2 Temanggung, juara II diraih SMA Negeri 1 Temanggung dan juara III diraih SMK HKTI Temanggung. (san/sct/lis)