Pengadaan Barang dan Jasa Lewat E-Katalog Meningkat

256

SEMARANG- Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) gencar melakukan sosialisasi e-katalog. Hal dikarenakan e-katalog menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien.

Melalui e-katalog, pembelian barang/jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Satuan kerja (satker) hanya tinggal melakukan login dan melakukan pembelian melalui website https://e-katalog.lkpp.go.id/. Tidak seperti mekanisme pengadaan melalui tender, pembelian melalui e-katalog tidak ada batasan nilai pembelian.

“Barang/jasa yang terdaftar di e-katalog LKPP harga dan spesifikasinya terbuka. Seluruh masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol. Pembeli dalam hal ini pokja dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia,” ungkap Yosip Khasani, Kabid Program dan Anggaran LKPP Pusat di sela  sosialisasi LKPP yang digelar di Hotel Santika Premiere, kemarin.

Bussines Manager Bhineka.com, Yoana Agustina, mengatakan,  sosialisasi ekatalog terus dilakukan untuk mendongkrak transaksi. Acara tersebut juga bertujuan untuk memberi pemahaman bagaimana pembelanjaan melalui e-katalog.

Dikatakan, sejak menggarap e-katalog pada 2015 lalu, perkembangan transaksi di Bhineka.com cukup signifikan. Jika sebelumnya transaksi mayoritas terpusat di level pusat, kini sudah meluas hingga provinsi dan kabupaten/kota yang memanfaatkannya.

“E-katalog ini membidik pengadaan barang dari perkantoran, instansi, lembaga, maupun pemerintahan. Dan saat ini kesadaran menggunakan e-katalog sudah semakin tinggi,” katanya.

Menurutnya, saat ini ada lebih dari 15 ribu barang yang dipasarkan melalui e-katalog. Adapun yang paling laris masih barang-barang IT, seperti notebook, server, dekstop, dan printer.

“Segmen yang paling banyak belanja lewat e-katalog adalah pendidikan, mulai dari sekolah hingga Dinas Pendidikan, dan paling banyak permintaan masih dari Jawa,” ungkapnya.

Dari sisi nilai transaksi e-katalog di Bhineka.com, lanjutnya, cukup tinggi mencapai ratusan miliar rupiah per bulan. Bhineka.com sendiri mengunggulkan barang original dengan jaminan purna jual dan garansi resmi Indonesia, serta jaringan servis center dengan menggandeng vendor resmi hingga jaringan ke daerah. (tya/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here