Siapkan Strategi Untuk Tim Besar

706
OPTIMISTIS: Tim bola basket Jawa Tengah siap bertanding di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang akan digelar 14-21 Oktober mendatang di Makassar (Sigit Adrianto/Jawa Pos Radar Semarang).
OPTIMISTIS: Tim bola basket Jawa Tengah siap bertanding di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang akan digelar 14-21 Oktober mendatang di Makassar (Sigit Adrianto/Jawa Pos Radar Semarang).

SEMARANG- Tim bola basket Jawa Tengah siap bertanding di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang akan digelar 14-21 Oktober mendatang di Makassar. Sejumlah latihan sudah dijalani demi meraih target emas yang dibebankan kepada tim asuhan Gema Arif Wicksana ini.

Kepada Jawa Pos Radar Semarang Gema mengatakan bahwa selain latihan rutin, tim nya sudah melakoni sejumlah try out dengan hasil yang dinilainya cukup memuaskan. ”Kemarin sudah TO sama Satya Wacana, hasilnya bagus,” katanya.

Gema melihat, bakal ada beberapa daerah yang kemungkinan menjadi lawan berat. Diantaranya DKI, Jatim, Jabar dan Banten. Tim-tim tersebut sering muncul di event nasional. Meski demikian dirinya tetap optimistis mampu membawa timnya untuk meraih emas.

Sebagai antisipasi, Gema mencoba membaca permainan tim-tim besar tersebut melalui video pertandingan, sehingga dapat menentukan strategi saat menghadapi mereka.

”Sehingga kami bisa mencoba membaca permainan mereka. Sementara mereka tidak bisa membaca permainan kami,” ujarnya sembari menambahkan bahwa dirinya sudah melihat video tim lawan dari 3-4 tahun yang lalu hingga video terakhir.

Gema menekankan agar semua yang tergabung dalam tim bisa bermain maksimal. Tidak ada yang ditonjolkan, semuanya harus bisa memberikan yang terbaik untuk tim. ”Jadi tidak ada bintang. Semuanya main untuk tim dan semuanya harus bisa mencetak skor,” jelas Gema.

Sementara itu, Yosua, satu dari sejumlah atlet basket yang diterjunkan dalam gelaran ini mengatakan bahwa sejauh ini permainan tim Jateng sudah mulai terbentuk. Beberapa pemain sudah bisa beradaptasi sehingga sangat menunjang permainan tim.

”Ini sudah mulai TC. Tapi TC sedikit terkendala karena beberapa pemain ada yang ikut Liga Mahasiswa,” ujarnya sembari menambahkan kendala lain, yakni cuaca karena mereka berlatih di outdoor.

Yosua dan kawan-kawan optimis untuk menghadapi siapapun lawannya di pertandingan. Menurutnya, semua daerah itu memiliki keunggulan masing-masing. ”Yang penting main maksimal. Nothing to loose aja,” tandasnya. (cr4/zal)