MI Negeri 1 Petakan Potensi Sejak Dini

581
UNGGULAN: Kepala Madrasah MIN 1 Kendal, Musyadad (paling kanan) bersama siswa berprestasi (M Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang).
UNGGULAN: Kepala Madrasah MIN 1 Kendal, Musyadad (paling kanan) bersama siswa berprestasi (M Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang).

KENDAL– Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 1 Kendal  merupakan Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah murid  terbanyak di Kabupaten Kendal. Soal  Kualitas sudah terbukti baik dalam pendidikan umum maupun agama sudah menjadi langganan juara  di tingkat kabupaten bahkan di tingkat  Provinsi Jawa Tengah. Maka, tidak heran jika selama ini MI Negeri 1 Kendal menjadi salah satu SD yang  diperhitungkan di Kabupaten Kendal.

Bagi Musyadad, Kepala Madrasah MIN 1 Kendal, mempunyai   853 anak-anak didik  dengan 27 rombel adalah  suatu  anugerah  dan nilai tambah bagi sekolah. Menurutnya,  semakin banyak SDM-SDM  yang dimiliki berarti potensi-potensi  yang  ada  semakin bervariasi dan saling  melengkapi.

”Kita lebih leluasa dalam memetakan kemampuan anak,   ada yang memilik potensi seni, potensi olahraga, potensi akademik, bahkan tidak menutup kemungkinan menemukan anak yang multi talenta,” ungkapnya.

Namun demikian, diakunya, semakin banyaknya SDM juga menjadi suatu tantangan tersendiri. Oleh karenaya, dia mengaku setaip awal tahun sudah menyususn rencana dan kepanitian untuk mempersiapkan agenda-agenda yang sudah terjadwal.

“Di sini tidak ada yang  namanya dadakan, jadi setiap awal tahun sudah ada semacam rekruitmen untuk mencari anak-anak potensial,” bebernya.

Setelah  itu, lanjutnya, seminggu sekali  sejak awal tahun anak-anak  sudah mulai latihan rutin  seperti pada atletik, renang, dan bola voli. Sehingga, pada waktu pelaksanaan kegiatan segala hal yang dibutuhkan sudah siap. ”Kami menginginkannya lewat proses yang matang  jadi  harapannya outputnya pun bisa maksimal,” ujarnya.

Dalam hal pendidikan dan pengajaran  sekolahnya  menjalankan kurikulum 13  dari kelas 1 sampai dengan kelas 6,  bahkan mejadi rujukan bagi Madrasah Ibtidaiyah swasta di sekitar Kabupaten Kendal. Selain itu, lanjutnya, dalam penerapan nilai-nilai keagamaan pihaknya mempunyai pembiasaan-pembiasaan yang mungkin belum ada di sekolah lainnya, seperti adanya  buku prestasi tahfidz Alquran.

”Di sini ada kegiatan mengaji seminggu 4 Kali  dan setiap kali akhir pembelajaran ada raportnya. Setiap jenjang kelas minimal hafal 8 surat, jadi waktu selesai kelas 6 sudah menyelesaikan 30 Juz,” ungkapnya.

Hasilnya, banyak siswa yang meraih prestasi  baik dalam pendidikan umum maupun dalam pendidikan agama. “Kami menjadi langganan juara dalam Mapel IPA dan juara MTQ  tingkat Kabupaten selama beberapa tahun berturut turut hingga tahun ini “ ungkapnya.

Untuk bidang  non akademik, imbuhnya sudah menjadi langgaan juara di tingkat kabupaten bahkan kerap juara di tingkat provinsi khususnya cabang olahraga atletik. Dalam Menghadapi kompetisi antar SD/MI Menuju Kendal Permata Pantura pihaknya nya mengaku sangat optimistis dan antusias menyambut gelaran tersebut.

Dikatakanya,kegiatan tersebut semakin memotivasi sekolah  untuk terus meningkatkan berprestasi.”Apalagi tiap sekolah di pubilkasikan secara luas  oleh Jawa Pos Radar Semarang,” pungkasnya. (zen/zal)