Pengurusan Dokumen Kependudukan Gratis

400
Adhi Isnanto (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
Adhi Isnanto (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SALATIGA – Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat menggelar sosialisasi Kebijakan administrasi kependudukan tahun 2017 di seluruh kelurahan di kota Salatiga. Kegiatan yang dilakukan secara maraton ini mendapatkan respons positif masyarakat yang mengikuti sosialisasi.

Plt Kepala Dinas Dukcapil Adhi Isnanto menuturkan, kegiatan sosialisasi kependudukan ini sangat penting untuk masyarakat, agar informasi mengenai kependudukan dan pencatatan sipil dapat dipahami oleh masyarakat. Karena tertib administrasi kependudukan akan meringankan permasalahan kelak di kemudian hari, jika dibutuhkan.

“Semua warga Salatiga harus melindungi keluarga anda dengan kepemilikan dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, KTP, dan akta pencatatan sipil. Apalagi pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan saat ini gratis,” jelas Adhi, Rabu (27/9) siang.

Selain itu, Dukcapil juga memiliki program layanan 3 in 1 atau satu proses bisa mendapatkan tiga layanan. Jika masyarakat mengurus akta kelahiran untuk anak berusia 0 – 60 hari, maka akan mendapatkan tiga layanan sekaligus yakni akta kelahiran, revisi kartu keluarga (KK) serta Kartu Identitas Anak (KIA).

“Sedangkan permohonan akta kematian maksimal 30 hari, juga akan mendapatkan tiga layanan yakni akta kematian, revisi KK serta perubahan data KTP elektronik,” jelas pria yang juga menjabat sebagai asisten Setda tersebut.

Adhi mengimbau kepada masyarakat yang belum memiliki akta pencatatan kependudukan untuk segera mengurus karena itu untuk kebaikan warga sendiri. “Sementara yang masih menggunakan KTP lama, segera lakukan perekaman KTP elektronik di kecamatan masing – masing,” lanjutnya.

Sementara terpisah, sosialisasi yang dilaksanakan di kelurahan Bugel, kemarin berlangsung lancar. Warga berharap, selain sosialisasi kepada ketua RW, RT dan PKK, semoga Dukcapil bisa
melakukan sosialisasi serupa langsung kepada setiap warga. “Kami sangat senang jika di waktu mendatang, Dukcapil juga bisa langsung ikut mensosialisasikan kebijakan administrasi kependudukan langsung ke masyarakat,” harap salah satu ketua PKK. (sas/ton)