Ngopi Bareng di Sigandul

538

TEMANGGUNG – Menyambut peringatan Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober mendatang, para pelaku kopi di lereng Gunung Sindoro akan mengadakan aksi minum kopi di sepanjang jembatan Sigandul Desa Tlahab Kecamatan Kledung Temanggung.

Ketua Panitia, Tuhar mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir, kopi arabika lereng Gunung Sindoro mulai dikenal masyarakat lokal maupun internasional. Bahkan, kopi arabika dari petani di lereng Gunung Sindoro ini juga pernah mendapatkan posisi yang cukup bergengsi di tingkat internasional, saat dibawa Pemkab Temanggung pada festival kopi di Atlanta Amerika Serikat 2016 lalu.

“Meski tidak menjadi terbaik, tapi kopi dari petani di lereng Gunung Sindoro menduduki peringkat kedua termahal dunia, itu kata Bupati Bambang Sukarno yang membawa kopi dari petani kami,” terangnya.

Tuhar melanjutkan, Hari Kopi Internasional ini menjadi momen yang sangat cocok untuk mengenalkan kopi arabika asli olahan petani kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat lokal bisa lebih mengerti tentang kualitas kopi asli lereng Sindoro. “Target kami semua pelaku kopi di Temanggung bisa hadir dalam kegiatan ini, mulai dari petani, penikmat hingga pedagang kopi,” harapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk menarik wisatawan ke Kecamatan Kledung. Selama ini beberapa objek wisata alam di kecamatan Kledung sudah menjadi tujuan wisata baik lokal maupun internasional. “Ada wisata alam Posong, embung Kledung, wisata alam Sedadap, Sedengkeng dan masih banyak tempat wisata alam lainnya, yang jelas setiap tempat wisata di Kledung bisa dipastikan menyuguhkan kopi sebagai oleh-oleh,” bebernya. (san/ton)