Indonesia Pasar Potensial Elektronik

271
Teknologi Tinggi : Pengunjung memadati pameran HomeTech ke 35 yang menghadirkan TV Frame Samsung yang mirip lukisan (istimewa).
Teknologi Tinggi : Pengunjung memadati pameran HomeTech ke 35 yang menghadirkan TV Frame Samsung yang mirip lukisan (istimewa).

SEMARANG – Indonesia masih menjadi pasar potensial bisnis elektronik yang tinggi dibanding Malaysia, Singapura dan negara-negara Asia lainnya. Ini dapat dilihat dari kepemilikan elektronik seperti lemari es di Indonesia masih 48 persen, sedangkan di Malaysia dan Singapura masing-masing sudah 95 persen dan 98 persen.

Melihat kondisi ini, pasar ritel elektronik di Indonesia masih terbuka lebar. Bahkan ke depan pabrikan elektronik akan menyerbu pasar Indonesia. Penegasan ini dikemukakan Managing Director Global Elektronik, Gouw Andy Siswanto disela-sela pembukaan pameran HomeTech ke 35 serentak di lima toko, 27 September-22 Oktober 2017. Industri elektronik kini juga menghadirkan berbagai produk yang lebih ramah lingkungan aman bagi kesehatan dan berteknologi tinggi.

Dijelaskan Andy, beberapa produk elektronik Samsung yang belum lama dipamerkan di ajang IFA di Berlin kini sudah hadir di Global Elektronik. Yakni TC Frame Samsung. Selain layar yang tipis, TV ini sudah dibingkai sehingga mudah untuk dipasang di dinding.

“Samsung  memiliki banyak inovasi baru di dalam produknya tidak hanya TV LED tetapi juga AC, lemari es , mesin cuci dan lainnya. Sedangkan untuk harga Samsung kini lebih kompetitif,” ujar Andy.

Sebagai distributor Samsung di Jateng, Global Elektronik pada pameran kali ini menargetkan penjualan naik 8 persen. Guna menunjang peningkatan penjualan, Global Elektronik kini merambah pasar online  (e-commerce). Peralihan ke online diklaim menguntungkan pebisnis karena jangkauan pemasarannya semakin luas. Untuk penjualan secara online Global Elektronik sudah mencapai 30 persen, sedangkan untuk offline masih 70 persen.

Superstore Global Elektronik Semarang setelah berusia 15 tahun, kini tidak hanya menyediakan elektronik saja, tetapi juga menyasar ke pasar  smartphone. Hadirnya website e-commerce,  www.globalelektronik.com, Global elektronik kini sudah menyasar pasar dari Sabang sampai Merauke. Dalam penjualannya juga  bekerjasama dengan pemegang kartu Visa, Mastercard, JCB, Alto, Prima, Link, Mandiri clippay, Doku dan Alfamart. Sedangkan ekspedisi selain bekerjasama dengan  asuransi barang juga dengan JNE, TIKI, dan Pos Indonesia.

Pemaeran yang didukung  Samsung, Sharp, Panasonic, TCL, AC Daikin, ChangHong, Midea, Electrolux, ForbesLux dan Oppo menyediakan program penawaran menarik diantaranya potongan harga 25 persen-70 persen. Buy one get one free, gratis 2.000 payung cantik, traveling bag dan handuk. Potongan harga berupa cashback total Rp. 30.000.000, dan hadiah cabutan dari Samsung berupa TV, lemari es, mesin cuci, AC, dan microwave hanya berlaku di pameran. (tya/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here