SILATURAHMI: Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi SIK SH MSi berfoto bersama Pemimpin Redaksi Arif Riyanto dan jajaran redaksi (IMAM RAHMAYADI FOR JAWA POS RADAR SEMARANG).
SILATURAHMI: Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi SIK SH MSi berfoto bersama Pemimpin Redaksi Arif Riyanto dan jajaran redaksi (IMAM RAHMAYADI FOR JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG-Belum genap sebulan menjabat Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi SIK SH MSi, langsung tancap gas. Selain menerapkan penindakan e-tilang CCTV bersama Dinas Perhubungan sejak 25 September lalu, alumnus Akpol 2001 ini juga mengaktifkan Forum Lalu Lintas. Secara rutin, pihaknya akan menggelar diskusi bersama stakeholder yang terkait lalu lintas. Mulai kepala dinas, pengusaha, termasuk media.

“Kenapa media kita libatkan, ini mengingat peran penting media sebagai penyalur informasi, khususnya instansi kepolisian dalam hal ini Satlantas. Kami ingin terus bersinergi dalam hal penyaluran informasi maupun sosialisasi program, termasuk memberikan kritik dan masukan,” ujar Yuswanto Ardi saat berkunjung ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Semarang Jalan Veteran 55, Rabu (27/9).

Tak hanya itu, Ardi –sapaan akrabnya—juga ingin ada upaya penyeselesaian secara cepat dan tuntas setiap ada masalah terkait lalu lintas di lapangan.  “Saya sudah bikin grup WA (WhatsApp) dengan Kadishub, dan pihak-pihak lain. Pokoknya, kalau ada masalah, kita bahas di WA, action apa yang akan kita lakukan. Nggak perlu pakai surat-suratan. Itu butuh waktu lama. Karena masyarakat kan butuhnya penyelesaian yang cepat,” katanya didampingi Iptu Rony dan AKP Ryke.

Ardi yang sebelumnya menjabat Analisis Kebijakan Muda Bidang Binopsnal Polda Jateng ini mengatakan, dibanding kota-kota besar lain, Semarang tertinggal dalam penerapan e-tilang CCTV. Bahkan, Kota Pekalongan lebih dulu menerapkan program ini. “Saat pertemuan dengan para Kasatlantas kota-kota besar di Lombok lalu, saya sempat ditanya, kenapa Semarang belum e-tilang CCTV? Saya jawab, saya baru 4 September dilantik jadi Kasatlantas. Saya minta waktu 2 minggu. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa jalan,” ujarnya. (tsa/aro)