LANGGANAN JUARA: Para siswa-siswi berprestasi SDN 1 Weleri beserta Kepala Sekolah, Dwi Utami saat ditemui disekolahnya (26/9) (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
LANGGANAN JUARA: Para siswa-siswi berprestasi SDN 1 Weleri beserta Kepala Sekolah, Dwi Utami saat ditemui disekolahnya (26/9) (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – SDN 1 Weleri Kecamatan Weleri rutin menanamkan kedisiplinan  sejak dini  bagi  setap anak didiknya tak terkecuali bagi guru dan karyawan sekolah.  “Di sini selalu saya tekankan pentingnya masalah kedisipilan  baik  disiplin  waktu maupun kedisiplinan  dalam belajar. Sebelum jam tujuh kurang lima menit semua siswa harus sudah hadir dan bagi guru yang piket setengah jam sebelumnya harus sudah siap menyambut siswa di halaman saat datang kesekolah,” kata Kepala SDN 1 Weleri, Dwi Utami kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Menurutnya, Kedisiplinan merupakan kunci penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan  dan kemajuan sekolah.”Kalau sikap disiplin sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkungan Sekolah  otomatis prestasi juga akan mengikuti,” ungkapnya.

Terbukti, dalam prestasi akademik maupun non akademik sekolahnya kerap  menorehkan prestasi dan yang paling menonjol dalam olahraga dan seni. “Baru-baru ini  SDN 1 Weleri berhasil meraih juara taekwondo putri, juara karate dan peringkat dua bulutangkis pada even yang sama yakni Pooda SD/MI tingkat Kecamatan,” bebernya.

Selain itu, pada tahun sekolahnya meraih peringkat kedua pencak silat putri dan peringkat kedua tenis meja O2SN tingkat Kecamatan.“Pada bidang lainnya tahun lalu  kita juara pidato Bahasa Indonesia tingkat Kecamatan dalam FLS2N, tahun 2016 peringkat kedua cerita Islami  tingkat Kecamatan, dan 2 016  juara kenal wayang tingkat Kecamatan,” imbuhnya.

Diakuinya, prestasi yang telah diraih sekolah rata-rata masih dalam tingkat Kecamatan, oleh karenanya pihaknya terus berupaya maksimal untuk meningkatkan prestasi ditingkat yang lebih tinggi. Dalam waktu dekat salah satu siswa kelas 5  Faliq Hasbi akan mewakili sekolah maju dalam kejuaraan taekwondo  tingkat Kabupaten Kendal,”ungkapnya.

Berbekal prestasi yang ada pihaknya mengaku  akan turut serta dalam kompetisi antar SD/MI se-Kabupaten Kendal yang diselenggarakan Jawa Pos Radar Semarang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal. “Kita sangat mendukung, kompetisinya bagus sekali   untuk memotivasi sekolah-sekolah agar terus berprestasi,” katanya.

Dwi Utami, menambahkan, selain menanamkan kedisiplinan, pihaknya juga rutin menerapkan nilai-nilai agama dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Dikatakannya, Setiap hari  Senin sampai dengan Kamis sholat berjamaah untuk kelas 4 sampai kelas 6, kemudian pada hari  jumat kedua dan ketiga setiap bulan ada kegiatan amal disekolah. “Selain itu pada Jumat kesatu dan ketiga setiap bulannya diadakan pembacaan surat-surat Alquran yang dilakukan bersama-sama di halaman sekolah oleh para siswa, ” pungkasnya. (zen/bas)