Subiyanto (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
Subiyanto (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

BATANG-Agenda tahunan Batang Expo 2107 yang rutin digelar oleh Pemkab Kabupaten Batang, tahun 2017 ini akan diselenggarakan pada 29 September–3 Oktober mendatang. Dibuka dengan pengajian akbar yang diisi oleh Maulana Habib M Luthfi Bin Yahya.

Kepala Bagian Perekonomian Batang, Subiyanto menjelaskan bahwa pada gelaran Batang Expo 2017 ini, akan diawali dengan berdoa bersama agar masyarakat Batang guyub rukun kreatif dan inovatif, sesuai dengan tagline Kabupaten Batang.

Selain pengajian, pada acara pembukaan dimeriahkan pelepasan 200 lampion dan pesta kembang api. Dengan begitu, masyarakat Batang akan menikmati kemeriahan Batang Expo yang merupakan agenda yang ditunggu-tunggu masyarakat Batang.

“Pada Batang Expo 2017 akan lebih menarik dan meriah karena digelar seminggu penuh. Rencananya akan dilengkapi hiburan berupa parade band, lomba Stand Up Comedy, kesenian dari 15 kecamatan, parade musik dan seni budaya baik dari Batang maupun dari daerah lain. Juga berbagai hiburan khusus anak-anak seperti bombomkar dan mandi bola,” tutur Subiyanto.

Dia juga menginginkan tahun ini produk-produk unggulan asli Batang bisa dipamerkan. Itu kesempatan yang tepat untuk mempromosikan produk-produk Batang. Seperti Madu Pramuka Gringsing, kopi Tombo, Serabi Kalibeluk, agar semakin dikenal baik oleh masyarakat Batang khususnya dan daerah lain. “Kami juga mengakomodasi para pedagang kaki lima (PKL) untuk berpartisipasi dalam gelaran Batang Expo dengan menyediakan tempat sendiri,” ujarnya.

Batang Expo 2017 kali ini akan diikuti sebanyak 150 stand yang berada di seputar Alun-Alun Batang. Stand-stand tersebut terdiri atas stand kuliner, otomotif, UMKM, OPD yang membina UMKM, multi produk yang menyajikan makanan olahan, dan stand dari 15 kecamatan di Batang. Daerah lain seperti Semarang, Jogja, Pemalang, Kabupaten Pekalongan juga ikut meramaikan Batang Expo.

Ada dua tipe stand. Yakni, stand yang be- AC di ruangan berupa tenda rouder dan stand biasa di luar ruangan berupa tenda sarnavil. Demi keamanan dan kenyamanan pengujung Batang Expo, pihak panitia menggandeng berbagai pihak seperti Polres Batang, Kodim, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Banser. Serta mengajak peran serta dinas lain seperti Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Samsat, Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Beberapa kantor dinas akan melakukan pelayanan masyarakat. Seperti Polres akan melayani perpanjangan SIM, Disdukcapil melayani pembuatan kartu keluarga, dan BPN melayani pembuatan sertifikat tanah. Sehingga selain bisa menikmati hiburan dan pameran, bisa dimanfaatkan untuk mengurus surat-surat identitas yang penting,” pungkasnya. (han/ida)