SERU: Lima Alpha Zetizen dari Jawa Tengah saat menyambangi kantor Jawa Pos di Graha Pena, Surabaya. Selain melihat newsroom terkeren, para Alpha Zetizen juga mengunjungi DBL Arena (Adam Shanon/Jawa Pos Radar Semarang).
SERU: Lima Alpha Zetizen dari Jawa Tengah saat menyambangi kantor Jawa Pos di Graha Pena, Surabaya. Selain melihat newsroom terkeren, para Alpha Zetizen juga mengunjungi DBL Arena (Adam Shanon/Jawa Pos Radar Semarang).

AKHIRNYA, hari yang paling ditunggu-tunggu Alpha Zetizen seluruh Indonesia datang juga. Ya, apalagi kalau bukan Zetizen Summit 2017. Ajang seleksi puncak National Challenge Go To New Zealand ini berlangsung mulai Senin-Kamis (25-28/9).

Selama empat hari ke depan, selain penjurian aksi positif, Alpha Zetizen akan disuguhkan berbagai kegiatan yang mengasah otak dan keterampilan demi menjadi Alpha Zetizen of The Year (Azoty) 2017. Nah, Alpha Zetizen Jawa Tengah, khususnya perwakilan Semarang excited banget mengikuti serangkaian acara Zetizen Summit hari pertama, Senin (25/9).

Saat tiba di markas besar Zetizen Indonesia, Graha Pena Jawa Pos, 2 Alpha Zetizen perwakilan Semarang, yakni Hirsalanov Garbashanty ( SMAN 5 Semarang ), Birizki arfianto ( UPGRIS ) langsung disambut hangat oleh crew Zetizen. Kedua Alpha Zetizen tersebut mengaku baru kali pertama menginjakkan kaki di kantor pusat Jawa Pos. Mereka tidak sabar ingin melihat the coolest newsroom in the world.

“Katanya, di sini ruang redaksinya paling bagus di seluruh dunia ya?,” ujar Hirsa.

Sebelum berkeliling ke kantor pusat Jawa Pos, Zetizen Summit 2017 dibuka oleh sambutan dari perwakilan Jawa Pos Group yang disampaikan oleh Sani Audri.

“Selamat datang buat alpa zetizen dari 34 provinsi, kalian adalah anak terpilih yang beruntung bisa mewakili provinsi kalian masing- masing, semoga kalian bisa mengikuti summit national challenge sampai selesai,” ujar Dirut PT DBL INDONESIA tersebut.

Usai sambutan, pertanyaan Hirsa terjawab saat crew Zetizen memandu seluruh Alpha Zetizen menuju Jawa Pos Newsroom. Mereka diajak masuk ke ruang redaksi tempat koran Jawa Pos dan halaman Zetizen dibuat. Mulai dari proses menulis berita sampai menata layout halaman. Rizki, sapaan akrab Birizki Arfianto nampak kagum dengan suasana newsroom yang superluas dan dipenuhi komputer.

“Seru banget bisa datang dan lihat langsung halaman Zetizen dibuat. Biasanya aku lihat ruang redaksi di Radar Semarang. Nggak jauh beda sih. Tapi di sini luas banget,” kata Rizki.

Puas mengelilingi newsroom, Alpha Zetizen bergeser ke kantor pembuat event kompetisi basket antarpelajar terheboh di Tanah Air, Development Basketball League (DBL) Office. Di sana Alpha Zetizen dipersilahkan masuk melihat ruang kerja crew DBL yang santai dan menyenangkan. Dilanjutkan menyambangi DBL Academy dan DBL Store. Mereka juga tidak melewatkan momen untuk berfoto bersama alpa zetizen dari perwakilan Solo. “Kerja di sini pasti awet muda ya. Ruang kerjanya aja seru kayak gini. Keren,” ungkap Hirsa.

Terakhir, Alpha Zetizen on the way ke lokasi Camping Ground di Grand Whiz Trawas, Mojokerto. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih satu setengah jam. Setibanya di sana, crew Zetizen membagi Alpha Zetizen dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok wajib menghias tenda tempat mereka tidur selama Zetizen Summit 2017. Seluruh kelompok dibebaskan memilih tema dan konsep dalam tent decoration ini.