Tingkatkan PAD, Dirikan Gerai Samsat Ambarawa

872

UNGARAN –Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Semarang berencana mendirikan gerai Samsat di Kecamatan Ambarawa. Rencana tersebut muncul setelah pendirian Samsat Paten di Tengaran dan Gerai Samsat di Tuntang beberapa waktu lalu.

Kepala UPPD Kabupaten Semarang Noor Hadi mengatakan dipilihnya Kecamatan karena lokasinya berada di tengah-tengah. “Harapannya ribuan wajib pajak yang berdomisili di wilayah Kecamatan Jambu, Banyubiru, Bandungan, Sumowono, dan Bawen tidak perlu jauh-jauh dalam membayar pajak kendaraannya,” ujar Noor Hadi, Senin (25/9).

Dikatakannya, dari empat kecamatan tersebut saat ini tunggakan pajaknya sudah mencapai hampir Rp 4 miliar. Apabila gerai Samsat didirikan di lokasi tersebut, lanjutnya, secara tidak langsung bagi hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Semarang akan meningkat.

Demi kelancaran pembukaan Gerai Samsat Ambarawa, pihaknya meminta Pemkab Semarang memfasilitasi sarana dan prasarana pendukung. Adapun sumber daya manusia (SDM) dan keperluan server jaringan dari UPPD Kabupaten Semarang, seluruhnya sudah siap.

“Kita akan mewujudkan pelayanan setiap hari, bukan setiap minggu sekali dan pelayanan itu tidak membatasi. Artinya, siapa saja termasuk pengguna kendaraan umum atau plat kuning ke depan bisa membayar pajak di Gerai Samsat Ambarawa,” jelasnya.

Terpisah, Sekda Kabupaten Semarang Gunawan Wibisono mengungkapkan, Bupati Semarang dan UPPD Kabupaten Semarang memang berkomitmen untuk meningkatkan sekaligus mendekatkan pelayanan kepada wajib pajak dalam rangka mengurangi tunggakan pajak yang cukup besar. “Salah satu strateginya ya mendekatkan pelayanan, mengingat selama ini dengan layanan mobil keliling belum bisa melayani semua,” katanya.