Longsor, Akses Desa Terputus

185
AKIBAT HUJAN DERAS : Warga memadati lokasi longsor di Jalan Raya Dukuh Sidokidul, Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG).
AKIBAT HUJAN DERAS : Warga memadati lokasi longsor di Jalan Raya Dukuh Sidokidul, Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KAJEN – Hujan deras yang turun lebih dari 4 jam tiada henti pada Senin (25/9) mengakibatkan tanah longsor di Jalan Raya Dukuh Sidokidul, Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan. Akibatnya akses jalan dari Kecamatan Kebakbarang menuju Desa Sidomulyo terputus karena tertutup material tanah dan batu sepanjang 15 meter.

Hingga kemarin warga bersama anggota Polsek Lebakbarang dan Koramil Lebakbarang melakukan gotong royong menyingkirkan tumpukan material tanah dan batu setinggi 1 meter.

Kasubag Humas Polres Pekalongan AKP Dahyar mengungkapkan longsor terjadi pada Minggu (24/9) tengah malam atau Senin dini hari akibat hujan deras yang terjadi di daerah tersebut.

Menurutnya, Jalan Raya Dusun Sidokidul, Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakarang adalah akses jalan yang dilalui warga setiap hari untuk aktivitas ekonomi dan anak-anak ke sekolah. “Minggu dini hari menjelang pagi anggota Polsek Lebakbarang bersama warga langsung melakukan kerja bakti untuk menyingkirkan material agar bisa dilalui warga meski jalan setapak,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan tanah longsor juga menutup sebagian sawah milik Kusdiyanto, warga Sidokidul, Desa Sidomulyo.

Menurutnya dalam bencana longsor tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya akses jalan warga tergganggu karena jalan raya tertimbun longsor sepanjang 15 meter dengan ketinggian 0.5 hingga 1 meter. “Rencananya pihak PU Pekalongan hari ini (kemarin) akan mendatangkan alat berat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan, Bambang Djatmiko menjelaskan pihaknya sudah mendatangkan alat berat dari Kecamatan Petungkriyo untuk menyingkirkan material yang ada.

Pihaknya bersama masyarakat, Polres dan Koramil melakukan aksi gotong royong untuk menyingkirkan material. Sehingga akses jalan ke Desa Sidomulyo tidak lagi terputus. “Hari ini alat berat dari Petungkriyono sudah berada di lokasi longsor. Jadi mulai besok sudah bisa dilalui warga. Hanya kami berpesan warga untuk selalu waspada karena daerah Lebakbarang termasuk area rawan longsor,” jelasnya. (thd/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here