Jateng Bisa Tambah Kuota

190

SEMARANG – Jawa Tengah berpotensi mengirim dua wakil dalam Liga 3 putaran nasional yang akan digelar akhir Oktober mendatang, setelah PSSI pusat melakukan peninjauan kembali regulasi terkait kuota tiap daerah baru-baru ini.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Tengah, Johar Lin Eng mengatakan kabar ini tengah ditelaah PSSI pusat karena beberapa daerah mengadakan kompetisi Liga 3 yang tingkat persaingannya berbeda-beda. Putaran Liga 3 di Jateng menjadi patokan daerah lain untuk menentukan kuota tiap daerah untuk mengirim wakil di putaran nasional.

”Jateng punya kans mengirim juara Liga 3 Jateng, Persik Kendal dan runner-up Persis gotong royong ke putaran nasional. Sebab Jateng dinilai menggelar kompetisi kasta ketiga di tingkat wilayah secara kompetitif selama hampir tiga bulan dan diikuti 16 tim. Hal ini membuat PSSI menjadikan Jateng sebagai percontohan gelaran Liga 3 di daerah,” beber Johar kemarin.

Saat ini dikatakan peninjauan kembali soal kuota ini dilakukan Sekjen PSSI, Ratu Tisha dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Berlinton Siahaan. Bisa jadi sebuah daerah bisa mengirim dua wakil atau juga bisa hanya mendapatkan kuota setengah tim saja. Untuk kuota setengah tim ini dipastikan ada daerah yang akan melakukan playoff dengan daerah lain sebelum timnya lolos ke Liga 3 putaran nasional.

”Ada daerah yang menyelenggarakan Liga 3 hanya sepekan dan diikuti 8 tim saja dengan format home tournament. Ini bisa jadi contoh daerah itu akan mendapat kuota setengah. Semua ini belum ada putusan dan masih digodok,” tandas Johar. (bas/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here