Meikarta Siap Jadi Model bagi Pembangunan 100 Kota Baru di Indonesia

1619

Meikarta, sebuah kota terpadu berskala internasional yang dikembangkan PT Lippo Cikarang Tbk di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, segera menjadi model bagi pembangunan 100 kota baru di Indonesia. Dengan target seluas 500 hektar, Meikarta akan membangun infrastruktur kelas dunia, sistem transportasi massal yang terpadu, pusat aktivitas ekonomi multinasional serta berbagai hunian modern.

Pemerintah Indonesia melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN) sudah mempersiapkan Kebijakan dan Strategi Pembangunan Perkotaan Nasional (KSPPN) dan mencanangkan pembangunan 100 kota baru di Indonesia pada 2050.

Melalui anak usahanya PT Lippo Cikarang Tbk, Lippo Group bertekad menjadikan Meikarta sebagai model dari rencana ambisius pemerintah tersebut. Selain itu, Meikarta kelak menganut sistem jalan berkonsep grid seperti di New York dan mewujudkan konsep compact city (memanfaatkan tanah semaksimal mungkin supaya sarana pendukungnya memadai), seperti di Singapura. Sistem grid dapat mewujudkan sinergi infrastruktur dengan aktivitas gaya hidup masyarakat yang lebih efisien.

Chief Marketing Officer Lippo Homes Jopy Rusli bilang, “Meikarta diharapkan dapat menandingi kota New York di Amerika Serikat dan dapat menjadi standar pembangunan kota modern berfasilitas terlengkap.”

“Meikarta merupakan proyek dengan nilai investasi terbesar sepanjang 67 tahun kiprah Lippo Group di Indonesia, dan merupakan momentum penting bagi perusahaan dalam mewujudkan komitmen kami pada pembangunan Indonesia,” tambahnya.

Melihat hal ini, Dosen Senior Kajian Pengembangan Perkotaan Universitas Indonesia Rudy Tambunan mengatakan bahwa peran pemerintah pusat dan provinsi juga sangat penting dalam rangka pembinaan pemerintah kabupaten atau kota agar mereka mampu mewujudkan pengembangan kota baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here