Meikarta Siap Jadi Model bagi Pembangunan 100 Kota Baru di Indonesia

731

Meikarta, sebuah kota terpadu berskala internasional yang dikembangkan PT Lippo Cikarang Tbk di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, segera menjadi model bagi pembangunan 100 kota baru di Indonesia. Dengan target seluas 500 hektar, Meikarta akan membangun infrastruktur kelas dunia, sistem transportasi massal yang terpadu, pusat aktivitas ekonomi multinasional serta berbagai hunian modern.

Pemerintah Indonesia melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BPPN) sudah mempersiapkan Kebijakan dan Strategi Pembangunan Perkotaan Nasional (KSPPN) dan mencanangkan pembangunan 100 kota baru di Indonesia pada 2050.

Melalui anak usahanya PT Lippo Cikarang Tbk, Lippo Group bertekad menjadikan Meikarta sebagai model dari rencana ambisius pemerintah tersebut. Selain itu, Meikarta kelak menganut sistem jalan berkonsep grid seperti di New York dan mewujudkan konsep compact city (memanfaatkan tanah semaksimal mungkin supaya sarana pendukungnya memadai), seperti di Singapura. Sistem grid dapat mewujudkan sinergi infrastruktur dengan aktivitas gaya hidup masyarakat yang lebih efisien.

Chief Marketing Officer Lippo Homes Jopy Rusli bilang, “Meikarta diharapkan dapat menandingi kota New York di Amerika Serikat dan dapat menjadi standar pembangunan kota modern berfasilitas terlengkap.”

“Meikarta merupakan proyek dengan nilai investasi terbesar sepanjang 67 tahun kiprah Lippo Group di Indonesia, dan merupakan momentum penting bagi perusahaan dalam mewujudkan komitmen kami pada pembangunan Indonesia,” tambahnya.

Melihat hal ini, Dosen Senior Kajian Pengembangan Perkotaan Universitas Indonesia Rudy Tambunan mengatakan bahwa peran pemerintah pusat dan provinsi juga sangat penting dalam rangka pembinaan pemerintah kabupaten atau kota agar mereka mampu mewujudkan pengembangan kota baru

“Sinkronisasi desa-kota sesungguhnya dimuat dalam RPJP Nasional dan RPJMN 2015-2019, tetapi belum dapat diterapkan oleh pemerintah kabupaten atau kota sehingga tidak selaras dengan konsep-konsep dunia usaha yang terkait dengan pengembangan pemukiman kota,” kata Rudy. Menurut dia, kuncinya adalah sinergi pemerintah pusat, daerah, dan pemangku kepentingan dunia usaha agar dapat selaras sehingga pembangunan kota baru bisa terwujud.

“Sistem penataan ruang kota baru dapat mengakomodasi kebijakan-kebijakan pemerintah pusat di daerah, contohnya pembangunan kereta cepat, dan dinamika pembangunan daerah. Dinamika di sini, dalam artian menunjukkan manfaat ekologis dari penataan kepadatan bangunan,” kata Rudy.

Tentang Meikarta (www.meikarta.com)

MEIKARTA, kota baru berskala internasional yang merupakan proyek investasi Lippo yang terbesar yang pernah dikerjakan sejak lebih dari enam dasawarsa yang lalu.

MEIKARTA berada di jantung ekonomi Indonesia, di koridor Jakarta-Bandung. 60% ekonomi nasional Indonesia berada di kawasan Jakarta-Botabek-Bandung, yang mana 70% berada di pusat Bekasi-Cikarang. MEIKARTA juga dikelilingi beberapa kota baru, diantaranya Lippo Cikarang, Jababeka, dan MM2100, yang merupakan kawasan industri yang menghasilkan lebih dari 1 juta mobil, 10 juta motor, jutaan unit kulkas, televisi, dan peralatan rumah tangga, per tahun.

Lokasi MEIKARTA kelak semakin memiliki nilai yang sangat strategis karena beberapa infrastruktur penting di kawasan ini sedang dibangun, seperti kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung, Patimban Deep Seaport, Kertajati International AirportLight Rail Transport(LRT) Cawang–Bekasi Timur–Cikarang, Automated People Mover (Monorail) yang menyatukan tujuh kota baru di sekitar Meikarta, dan Jakarta-Cikampek Elevated Highway.

MEIKARTA akan memiliki infrastruktur dan fasilitas berskala dan bertaraf kualitas dunia, seperti pusat perbelanjaan, pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, pusat keuangan internasional, hotel bintang lima, perpustakaan nasional, opera theatre & art centre,  SD/SMP/SMA nasional dan internasional, Universitas nasional, pusat riset industri, International Exhibition Centre, dan Indonesian Silicon Valley.

MEIKARTA dikembangkan oleh perusahaan anak PT Lippo Cikarang Tbk (“LPCK”), yang merupakan anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (“LPKR”).(web/ap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here