Ruce Nuenda Permata Dije (Nathaza Ayudya/ Jawa Pos Radar Semarang).
Ruce Nuenda Permata Dije (Nathaza Ayudya/ Jawa Pos Radar Semarang).

RUCE Nuenda Permata Dije dikenal sebagai Duta Wisata Kota Semarang. Mahasiswi Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini adalah sosok multitalenta. Sebelum terpilih sebagai duta wisata, sederet prestasi di berbagai bidang diraih gadis yang akrab disapa Ruce ini.  Ia pernah meraih juara dalam lomba pencak silat, basket hingga menari.

“Saya berlatih pencak silat saat masih sekolah di SMP Negeri 2 Ungaran. Saat itu, saya ikut  ekstrakurikuler pencak silat,” kata dara 20 tahun ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dari cabang olahraga bela diri ini, ia pernah meraih juara lomba pencak silat mulai tingkat kabupaten hingga provinsi. Selain pencak silat,  alumnus SMA Negeri 2 Ungaran ini juga aktif di olahraga basket. Bahkan, Ruce pernah membawa tim sekolahnya meraih juara II Wali Kota Cup di Salatiga.

Begitu lulus SMA, Ruce melanjutkan kuliah di UNNES. Ia fokus di pendidikan seni musik. Biola adalah alat musik yang ia gunakan sebagai media belajar sehari-hari. Ia menguasai alat musik gesek ini sejak duduk di bangku SMA.

Berkat kemampuannya memainkan biola, Ruce beberapa kali terlibat dalam pementasan di kampusnya. Seperti Orchestra UNNES dan Chamber String UNNES.

Aktif di banyak kegiatan, membuat gadis yang dikenal ramah dan supel ini memiliki banyak teman. Bahkan, di setiap kegiatan yang dijalani, ia selalu mendapat teman baru. Kini, setelah terpilih sebagai Duta Wisata Kota Semarang, Ruce getol mengampanyekan batik sebagai ikon dan budaya bangsa.

“Saya mengajak generasi muda menjadi agen perubahan dalam memperkenalkan Batik Semarang di masyarakat,” ujarnya. (mg47/aro)