Bupati Beri Penghargaan 14 Atlet Popnas Asal Kendal

121
HARUMKAN KENDAL: Bupati Kendal, Mirna Annisa (tengah) berfoto bersama dengan para atlet dan pelatih yang mewakili Jateng dalam POPNAS 2017 lalu (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
HARUMKAN KENDAL: Bupati Kendal, Mirna Annisa (tengah) berfoto bersama dengan para atlet dan pelatih yang mewakili Jateng dalam POPNAS 2017 lalu (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL—Bupati Kendal, Mirna Annisa, memberikan apreasiasi dan penghargaan kepada 14 atlet Kendal yang memperkuat kontingen Jateng dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017. Kemarin, ke-14 atlet berikut pelatihnya secara khusus diundang orang nomor satu di Kendal ini untuk mendapatkan pengarahan di Operational Room (OR) Setda Kendal.

Mereka adalah Andi Kurniawan atlet angkat besi, serta 4 atlet cabor atletik, yakni Hani Rofikhoh, Agil Ponco Nugroho, Rakhman Haris dan M Khamidun. Selain itu, Eillyn Serelia Widodo (basket), serta Anwar Budiyanto, Musyahidi Adi C, M Andriansyah, Eka Ade Aryanto, M Rizal Muthohar, dan Fina Malihatuzzulfa, semuanya atlet sepak takraw.

Atlet lainnya adalah Lilik Rahmawati dan Titik Setyo Rini (anggar), serta dua pelatih, yakni Nasikhin (pelatih atletik) dan Nurkholis (pelatih sepak takraw). Penghargaan dan pemberian ucapan selamat ini menurutnya lantaran para atlet tersebut telah menorehkan prestasi yang luar biasa bagi Kendal.

“Prestasi olahraga di Kendal tahun ini sangat luar biasa. Saya katakan seperti itu, karena meskipun mereka (para atlet, Red) mendapatkan fasilitas minim, tapi dengan keterbatasan itu mereka masih luar biasa dengan semangat mengharumkan nama Kendal,” katanya, kemarin (22/9).

Hal ini, menurutnya, menjadi koreksi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar ke depan mencukupi seluruh fasilitas olahraga di Kendal yang memiliki standar nasional. “Sehingga ke depan tumbuh atlet-atlet lain yang memiliki semangat. Selain menyalurkan bakat dan hobi, tapi juga untuk mengharumkan negeri,” harapnya.

Bupati juga akan meningkatkan kesejahteraan para atlet berprestasi. Supaya prestasi dan kesinambungannya semakin meningkat. “Mulai tahun 2018 akan dianggarkan untuk membangun dan melengkapi fasilitas dengan standar nasional,” paparnya.

Mirna meminta kepada Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata agar berkoordinasi dengan pihak Komite Olarhraga Nasional Indonesia (KONI), pelatih, serta atlet guna mencari solusi untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kendal. “Duduk bersama, semua kebutuhan, kendala dibicarakan dengan Dinas Pemuda Olahraga, intinya apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi,” katanya.

Bupati juga ingin agar cabor-cabor yang sudah menorehkan prestasi ini terus dilakukan regenerasi. Selain itu, memberikan jaminan hidup kepada para atlet agar mereka bangga menjadi atlet Kendal. “Pemain terbaik diangkat menjadi pelatih, sehingga mereka ada regenerasi,” harapnya.

Ketua KONI Kendal, Supriyadi, mengatakan, potensi Kendal di bidang olahraga sangat bagus. Bahkan banyak atlet berprestasi di daerah lain berasal dari Kendal. Untuk itu, potensi yang baik ini harus mendapat perhatian, baik dari segi fasilitas, sarana dan prasarana maupun kesejahteraan para atlet berprestasi.

Masih minimnya fasilitas olahraga yang dimiliki, diakui oleh para atlet dan pelatih. Pelatih sepak takraw di SD Jungsemi Kangkung, Nurkholis, mengatakan, selama ini berupaya memenuhi fasilitas sendiri dengan bantuan hanya dari pihak desa saja.

“Karena keterbatasan anggaran, kami belum bisa mengembangkan sepak takraw ke seluruh sekolah-sekolah di Kabupaten Kendal. Penginnya bisa mengembangkan ke sekolah-sekolah lain, tapi karena keterbatasan anggaran, hal itu belum bisa terealisasi,” ujarnya. (bud/adv/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here