Pendidikan Rendah, Warga Sulit Berkembang

309
Faizun (kanan) saat memberikan pengarahan dalam upacara peringatan Harlah ke-88 LP Ma’arif NU di SMK Andalusia 2 Kaliwiro, Kamis (21/9) (IST).
Faizun (kanan) saat memberikan pengarahan dalam upacara peringatan Harlah ke-88 LP Ma’arif NU di SMK Andalusia 2 Kaliwiro, Kamis (21/9) (IST).

WONOSOBO – Pemerintah diharapkan memberikan dukungan dalam penyelenggaraan pendidikan pada sekolah di bawah Yayasan LP Ma’arif Nahdlatul Ulama. Masih banyak masalah pendidikan yang perlu dipecahkan bersama.

“Kerjasama pemerintah dengan LP Ma’arif harus terus dikembangkan untuk kemajuan pendidikan,” kata Kepala SMK Andalusia 2 Kaliwiro saat menggelar upacara peringatan Harlah ke-88 LP Ma’arif NU, Kamis (21/9).

Faizun yang juga Ketua Tanfidiyah MWC NU Kecamatan Kaliwiro dan Ketua Komisi D DPRD Wonosobo ini menyampaikan, saat ini rata-rata lama sekolah di daerah masih di angka 6,11 tahun, sehingga perlu ada percepatan penanganan. Instansi terkait dan pihak sekolah harus mau turun langsung ke masyarakat memotivasi sekaligus menyosialisasikan tentang pentingnya pendidikan. Dampak lain dari lemahnya taraf pendidikan daerah menyebabkan warga sulit berkembang sehingga terus terjerembab dalam arus kemiskinan.

“Jangan sampai ada anak-anak usia sekolah tidak bisa sekolah. Kalau mereka tidak punya biaya kita bantu. Satu hal yang menurut saya pending, pihak sekolah harus lebih intens lagi turun ke bawah. Bertemu masyarakat,” katanya.

Ia juga menyampaikan, pendidikan saat ini sudah tidak mahal seperti dahulu. Sudah ada banyak bantuan. SPP sudah terbantu oleh BOS. Sehingga orang tua yang memiliki anak usia sekolah diminta untuk segera menyekolahkan anaknya.

“Di beberapa desa, saya akui ada yang mayoritas masyarakatnya hanya lulusan SD. Padahal di sana sudah ada sekolah SMP dan warganya lumayan mampu, ini yang saya bilang masalah kesadaran warga.”

Tak hanya pihak sekolah yang sedianya aktif turun ke masyarakat langsung. Menurut Faizun, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, juga perlu ikut menyosialisasikan pentingnya pendidikan kepada masyarakat. (cr2/ton)