Ribuan Lampion Air Hiasi Telaga Bleder

582
LAMPION: Seorang wisatawan mencoba menebarkan lampion di Telaga Bleder menggunakan perahu pada malam hari (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU).
LAMPION: Seorang wisatawan mencoba menebarkan lampion di Telaga Bleder menggunakan perahu pada malam hari (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU).

MUNGKID—Dinas Pariwisa Pemuda dan Olahraga (Disparpora) akan menggelar Festival Telaga Bleder di Desa Ngasinan Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Kegiatan tahunan kali ini, dipastikan lebih meriah. Sebab, 1000 lampion air akan menghiasi telaga.

Kepala Disparpora Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso mengatakan, Festival Telaga Bleder kali ketiga ini, untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di Kabupaten Magelang. Sekaligus, untuk mengenalkan potensi dan objek wisata. Menurut Iwan, festival ini akan digelar selama dua hari, pada 14-15 Oktober 2017.

Dikatakan, seribu lampion air akan ditebar pada malam 14 Oktober. Selama prosesi lampion ditebar, pengunjung akan mendapatkan hiburan alunan jazz. ”Saya sudah membayangkan nuansa alam Telaga Bleder dan musik jazz dipastikan bikin berkesan.” Tidak hanya itu, sebelum ditebarkan ke telaga, akan dilakukan doa bersama. Doa untuk keselamatan dan kedamaian, serta kebaikan seluruh alam dan umat manusia. Targetnya, prosesi pelepasan lampion air aka dilakukan oleh 300 wisatawan. Khususnya, dari luar Magelang.

Selain pelepasan lampion, juga dimeriahkan pameran desa-desa wisata. Baik berupa kuliner maupun kerajinan tangan. Juga lomba kesenian lokal. Pegiat pariwisata Magelang, Hani Sutrisno, mengapresiasi kegiatan Festival Telaga Bleder. ”Pariwsata akan semakin maju dengan ide-ide yang menarik seperti ini.” (vie/isk)