Baznas Salurkan Beasiswa kepada  395 Siswa

482
PEDULI PENDIDIKAN: Baznas di dampingi pejabat Pemkot Pekalongan menyalurkan dan Baznas kepada ratusan siswa sekolah di Kota Pekalongan (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang).
PEDULI PENDIDIKAN: Baznas di dampingi pejabat Pemkot Pekalongan menyalurkan dan Baznas kepada ratusan siswa sekolah di Kota Pekalongan (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang).

PEKALONGAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekalongan menyalurkan dana beasiswa kepada 395 siswa SD/MI,SMP/MTs dan SMA/MA di Kota Pekalongan yang dinilai kurang mampu. Beasiswa diserahkan simbolis oleh staf ahli Wali Kota Pekalongan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sutarno, di Kantor Baznas, pada Rabu (20/9).

“Ada 395 penerima beasiswa berasal dari sekolah negeri maupun swasta yang ada di Kota Pekalongan,” ucap Ketua Baznas Kota Pekalongan Imam Suraji.

Rinciannya, siswa dibawah Dinas Pendidikan sebanyak 151 anak, dari sekolah swasta di bawah Kemenag 151 anak dan 93 anak dari pengurus takmir masjid yang tergabung dalam Dewan Masjid Indonesia Kota Pekalongan.

Dana pentasyarufan kali ini berasal dari zakat yang dikumpulkan melalui Bazda Kota Pekalongan periode tahun 2016 dan 2017, yang dikhususkan bagi beasiswa pendidikan. Untuk besaran beasiswa yang diterima berbeda-beda, untuk SD/MI sebesar Rp 300 ribu, kemudian untuk SMP/MTs Rp 500 ribu, dan untuk SMA/MA Rp 800 ribu.

Imam Suraji berharap bantuan beasiswa tersebut dapat membantu siswa yang kurang mampu untuk biaya keperluan sekolah. Ia berpesan agar dana tersebut dipergunakan sebaik mungkin, sehingga bisa memberi kemanfaatan bagi penerimanya, sesuai dengan tujuan Bazda, yakni sebagai baitul maal atau lumbung dana bagi masyarakat, yang dapat mengatasi berbagai persoalan sosial ekonomi di tengah masyarakat.

“Prinsipnya dana bisa untuk keperluan sekolah baik Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) maupun yang lainya,” tandasnya.

Sementara itu Staf Ahli  Wali Kota Pekalongan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sutarno menambahkan, pemerintah mendukung penuh pemberian beasiswa tersebut karena merupakan program kepedulian Baznas terhadap dunia pendidikan di Kota Pekalongan.