Jempol Misterius di Makam Ulama

343
MILIK SIAPA? : Jajaran Polres Kebumen memeriksa potongan jempol tangan yang ditemukan di makam Syekh Baribin di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN).
MILIK SIAPA? : Jajaran Polres Kebumen memeriksa potongan jempol tangan yang ditemukan di makam Syekh Baribin di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen (DOK HUMAS POLRES KEBUMEN).

KEBUMEN—Sepotong jempol tangan manusia sebelah kanan ditemukan di kawasan makam ulama Syekh Baribin di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen. Polisi masih menyelidiki pemilik jempol yang dibungkus kain warna merah tersebut.

Kapolsek Karanganyar AKP Mawakhir mengatakan, jempol tersebut ditemukan Jumat (15/9) lalu sekitar pukul 06.30 WIB. Namun baru dilaporkan ke polisi keesokan harinya. “Selanjutnya kami (Polsek Karanganyar) bersama dengan Inafis Polres Kebumen mendatangi lokasi penemuan jempol itu,” terang Mawakhir.

Jempol tersebut sempat menginap semalam di rumah juru kunci makam Syekh Baribin yang biasa disapa Mbah Ramelan, 69. Rumah Mbah Ramelan ini tak jauh dari lokasi makam.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, jempol tersebut pertama kali ditemukan oleh Madsukarto, 60 saat akan membetulkan selang air di kawasan makam. Pada saat membetulkan selang, ia benda mirip jimat yang dibungkus kain merah dan plastik bening.

“Benda itu tergeletak di tanah. Saat dibuka, isinya potongan jempol manusia. Setelah itu, jempolnya dikasihkan juru kunci makam tersebut,” tambah Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Willy Budiyanto yang mewakili Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti.

Berdasarkan penjelasan tim Inafis Polres Kebumen yang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), jempol tersebut masih terlihat segar, namun sudah dalam keadaan keras.

“Kemungkinan memang sengaja diawetkan oleh orang yang membungkusnya. Kasus ini masih dalam penyelidikan. Nanti akan kita lakukan pendalaman melalui sidik jarinya.”

Saat ini jempol tersebut dibawa ke Polres Kebumen untuk dilakukan identifikasi guna mengungkap identitas pemiliknya. “Ya, kita akan melakukan penyelidikan untuk menjawab teka teki tersebut,” kata Willy. (jpg/ton)