Dipameri Balkondes Berhomestay

431
INFRASTRUKTUR: Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan anggota DPR RI Sudjadi saat meninjau jembatan gantung yang menghubungkan Desa Mangunsoko dan Desa Sumber (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU).
INFRASTRUKTUR: Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan anggota DPR RI Sudjadi saat meninjau jembatan gantung yang menghubungkan Desa Mangunsoko dan Desa Sumber (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU).

PRESIDEN Joko Widodo juga menyempatkan diri mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tuksongo dan Wringin Putih di Kecamatan Borobudur. Dalam kunjungannya di Balkondes Tuksongo dan Wringin Putih, Presiden disambut Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, Camat Borobudur Nanda Cahyadi dan lainnya. Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Gubernur Ganjar Pranowo, Bupati Magelang Zaenal Arifin dan lainnya.

Kali pertama melakukan kunjungan di Balkondes Tuksongo, Presiden Jokowi memperoleh penjelasan dari Dirut Telkom, Alex J. Sinaga. Di hadapan Presiden Jokowi, Alex menyampaikan, Balkondes Tuk Songo dilengkapi homestay yang sudah bersistem digital. Mulai dari pemesanan makanan, juga pembayaran tanpa uang tunai. Balkondes bekerja sama dengan komunitas andong untuk jalan-jalan di seputar Borobudur.

Presiden Jokowi juga menerima penjelasan dari Camat Borobudur Nanda Cahyadi. Nanda memperkenalkan dan menyebut potensi desa-desa di Kecamatan Borobudur. Setelah melihat tempat workshop UMKM, Presiden melanjutkan kunjungannya ke Balkondes Wringin Putih. Di Wringin Putih, Balkondes dilengkapi fasilitas jemparingan atau panahan tradisional. Balkondes Wringin Putih juga berbeda dengan Balkondes lainnya, karena dibangun menggunakan bahan baku dari bambu.

Di akhir kunjungan, Presiden berkunjung ke Kecamatan Dukun untuk meninjau jembatan gantung Program Kementerian Pekerjaan Umum. Jembatan gantung menghubungkan Desa Mangunsoko dan Desa Sumber. Jokowi didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sudjadi. Ketiganya tampak berbincang sembari menyusuri sepanjang jembatan. Kedatangan mereka disambut ratusan warga yang sudah berkumpul di ujung jembatan. Jokowi pun menyempatkan bersalaman dan menyapa warga dengan bahasa Jawa halus. Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi sempat berfoto bersama masyarakat secara bergantian. Dari Magelang, Presiden langsung menuju Yogyakarta untuk kunjungan kerja di wilayah lain. (vie/isk)