Perbasi Gandeng SMA Semesta

277
PERCONTOHAN: Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih saat berada di SMA Semesta Semarang (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
PERCONTOHAN: Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih saat berada di SMA Semesta Semarang (DHINAR SASONGKO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) berencana menggandeng SMA Semesta Semarang untuk menjadi contoh (role model) pembinaan atlet bola basket. Hal itu merujuk ke prestasi SMA Semesta yang berhasil menjadi juara even basket pelajar terbesar yakni DBL Central Java.

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan sekolah–sekolah dalam membina anak didiknya menjadi atlet basket. Namun diperlukan contoh, agar pembinaan bisa berjalan baik dan terarah,” jelas Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih, Minggu (17/9).

Dijelaskan dia, pembinaan basket yang bagus harus memiliki orientasi dan bukan sekadar hobi. Sebab, jika sekadar hobi, akan sangat sulit untuk menggapai prestasi, di tengah ketatnya persaingan antarpemain basket saat ini. “Ketika bertanding, kemenangan adalah wajib, namun yang lebih penting adalah proses mencapai kemenangan itu,” ujar pria memiliki hubungan emosional kuat dengan kota Salatiga.

Dihubungi terpisah, pembina basket SMA Semesta Memet Cetin mengaku sangat bangga dengan rencana Perbasi. Menurutnya, penunjukan itu adalah kehormatan bagi sekolahnya. Cetin menyatakan jika pembinaan bola basket di sekolahnya memang tengah digalakkan lagi, selain prestasi akademik.

“Jika prestasi di bidang akademik, kami memang sudah sering mendapatkannya. Dan saat ini kami mulai mencari prestasi di bidang olahraga yakni bola basket, futsal dan bulutangkis. Bola basket sudah mendapatkan beberapa prestasi di sejumlah turnamen,” terang pria asal Turki tersebut.

Para pelajar yang bermain basket mendapatkan latihan selama 4 kali seminggu dan masing – masing selama dua jam. Mereka dilatih tim yang dipimpin Frans Wisnu sebagai pelatih kepala. (sas/ton)