Bidik Pembeli Kelas Menengah

817
INVESTASI : Pembeli memadati cabang baru Semar Nusantara & Diamond Pavilion. Selain sebagai perhiasaan, emas masih menjadi salah satu produk investasi yang diminati (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG).
INVESTASI : Pembeli memadati cabang baru Semar Nusantara & Diamond Pavilion. Selain sebagai perhiasaan, emas masih menjadi salah satu produk investasi yang diminati (NURUL PRATIDINA / JAWAPOS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Semar Nusantara & Diamond Pavilion meluncurkan emas dengan kadar 45 – 50 persen, baru-baru ini. Emas yang disebut kadar menengah diluncurkan guna menggaet segmen kelas menengah.

Salah satu pemilik Semar Nusantara & Diamond Pavilion, Alpin Gotama mengatakan, emas kadar menengah ini memang memiliki kadar di bawah 75 persen. Namun untuk kualitas, tidak jauh berbeda. Diantaranya dalam ketahanan perubahan warna.

“Untuk kadar rendah memang dimungkinkan akan terjadi perubahan warna. Sedangkan untuk kadar menengah, kami telah melakukan uji coba dan ketahanannya jauh lebih bagus, warna tidak berubah jadi kehijau-hijauan atau kehitam-hitaman,” ujarnya disela pembukaan Cabang Baru Semar Nusantara & Diamond Pavilion di Karangayu, akhir pekan lalu.

Untuk model pun, trennya tidak jauh berbeda dengan kadar 75 persen. Seperti yang saat ini tengah banyak digemari, yaitu emas yang tak sekedar berwarna kuning tapi ada juga white gold, rose gold, black gold maupun kombinasi.

Hanya saja, dari sisi harga, saat ini kadar 75 persen berada di kisaran Rp 450 ribu per gramnya, sedangkan kadar 45 – 50 persen lebih terjangkau. Yaitu sekitar Rp 315 ribu. “Kalau untuk prosentase pembelian, peminat antara emas kadar 75 persen dan 50 persen, hampir berimbang,” ujarnya.

Emas kadar menengah, lanjutnya, merupakan salah satu terobosan dari pihaknya dalam menggaet pasar, khususnya di tengah fluktuatifnya harga emas. “Harga emas ada kecenderungan terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu kami luncurkan emas kadar menengah ini. Kualitas tidak jauh berbeda dan harga juga lebih terjangkau,” ujarnya.

Store manager Semar Nusantara & Diamond Pavilion, Wagini menambahkan, selain emas kadar menengah dan kadar 75 persen, pihaknya juga menyediakan emas batangan dengan kadar yang lebih tinggi.

“Adanya kecenderungan harga emas yang terus mengalami kenaikan, maka tak sedikit orang yang memilih berinvestasi di emas. Selain dari sisi harga, untuk penjualan pun lebih mudah dan cepat. Oleh karena itu kami juga sediakan emas batangan yang memiliki kadar 24 karat. Ini pun cukup laris di pasaran,” imbuhnya. (dna/ric)