Tim Roket Air Maju ke Tingkat Nasional

675
BANGGA : Tim SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang memamerkan roket air buatannya (IST).
BANGGA : Tim SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang memamerkan roket air buatannya (IST).

MAGELANG – SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang kembali mengukir prestasi dalam kontes roket air yang diselenggarakan oleh Taman Pintar Yogyakarta. Ajang bertajuk “Science Expo Jateng – DIY” yang digelar Sabtu (9/9) di Stadion Kridosono Yogyakarta tersebut dihadiri 361 tim dari jenjang SMP/MTS dan SMA/SMK/ MA se-Jawa Tengah dan DIY, salah satunya adalah Tim SMP Mutual Kota Magelang.

“Kontes ini untuk mengenalkan teknologi kedirgantaraan pada siswa dan masyarakat. Kontes ini juga ada keberlanjutanya di tingkat nasional dan internasional. Sepuluh besar yang lolos dalam ajang tersebut akan maju tingkat nasional di akhir bulan September 2017 di Serpong Bogor,” kata Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta Afia Rosdiana saat pembukaan acara.

Dijelaskan salah satu anggota tim roket air SMP Mutual Kota Magelang Farel, membuat roket air sebuah tantangan yang seru. Bukan hal yang mudah, namun juga bukan hal yang mustahil. Yang jelas adalah semangat dan kesabaran harus selalu terpatri dalam hati karena ukuran harus sesuai agar roket meluncur dengan sukses. Bagi dia dan timnya, membuat dan meluncurkan roket air menyenangkan. “Semua itu tidak sekadar permainan namun juga sebuah ajang kompetisi di antara para peluncur roket air yang lain,” aku Farel.

Pendamping Tim SMP Mutual Aan Setiawan mengatakan, untuk bisa maju di tingkat nasional, anak-anak harus berlatih dua bulan. Mulai merangkai roket sampai meluncurkan. Kegagalan dan kurang tepat dalam mencapai target saat latihan menjadi sebuah pengalaman berharga dan motivasi sehingga roket mampu terbang sesuai target yang diinginkan.

“Menang dan kalah adalah pilihan sang juara. Kegigihan dan semangat serta motivasi yang kuat dalam latihan selama dua bulan, kini terbayar sudah saat kesempatan 10 besar mampu di raih anak-anak dalam mewakili SMP Mutual sehingga maju di tingkat nasional,” ungkap Kepala SMP Mutual Kota Magelang.

SMP Mutual selalu mencoba untuk ikut tampil dalam kompetisi-kompetisi kejuaraan. Manuver baru dalam mengembangkan SMP Mutual, salah satunya adalah menghadirkan mental juara dalam diri siswa yang selalu ditradisikan sehingga mampu menjadi sekolah unggulan yang berprestasi dan mendapat kepercayaan publik. (ima/ton)